Sukses

Pasangan Pesohor Ditangkap karena Narkoba, Kenali 12 Ciri Pengguna Sabu

Pasangan pesohor ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan pesohor pada Kamis pagi, 8 Juli 2021, diberitakan ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yuari Yunus, menyebut, pasangan tersebut ditangkap di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan. Informasi penangkapan keduanya karena tersandung masalah sabu telah menyebar sejak Rabu malam, 7 Juli 2021.

Kasus ini menambah catatan kelam pengguna sabu di Indonesia. Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna sabu-sabu di Indonesia tergolong memprihatinkan.

Berdasarkan data BNN, jumlah pemakai narkoba di Indonesia mencapai 3,5 juta orang pada 2017. Oleh sebab itu, masyarakat perlu mengenali ciri-ciri spesifik pengguna sabu agar bisa mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Pengguna Sabu

Melansir bnn.go.id, ada beberapa tanda atau gejala yang dialami orang sakau karena sabu. Beberapa ciri tersebut yakni:

- Nafsu makan meningkat

- Mudah marah

- Sulit untuk fokus

“Orang yang sedang sakau mengalami kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi. Ini juga bisa dilihat dari cara bicara yang kadang juga sering tidak nyambung,” mengutip bnn.go.id, Kamis (8/7/2021).

- Paranoid

- Halusinisasi

“Orang yang sakau juga kerap mengalami halusinasi. Penderita menganggap dirinya melihat sesuatu, sedang orang normal lainnya tidak melihat hal tersebut," lanjut keterangan tersebut

3 dari 4 halaman

Ciri Lainnya

Ciri lain dari orang yang sakau akibat sabu adalah:

- Mudah gelisah

Orang yang mengalami sakau narkoba juga bisa dilihat dari perilaku yang mudah gelisah. Tampak sekali orang ini sulit untuk bisa tenang.

- Tidur lama

Orang yang mengalami sakau juga bisa dilihat dari durasi tidurnya yang begitu lama. Melebihi waktu tidur orang normal.

- Bicara gagap

Orang yang sakau juga bisa dikenali dari cara bicaranya yang kadang gagap. Ini bisa menjadi indikasi awal dirinya mengalami sakau.

- Pernapasan tidak teratur

Gejala lainnya orang yang tengah sakau bisa dilihat dari pola pernafasan yang tidak teratur.

- Kulit pucat

“Orang yang sedang sakau juga bisa dilihat dari kulit muka yang terlihat pucat. Anda bisa mengenalinya dengan melihat wajah orang yang sedang sakau ini.”

- Mual atau muntah

Kerap kali orang yang sakau juga dibarengi dengan muntah. Ini menunjukkan ada masalah pada bagian perut orang tersebut yang penyebabnya bisa karena efek dari sabu atau narkoba.

- Kejang

Tidak menutup kemungkinan, orang yang sakau bisa sampai mengalami kejang. Ini kondisi yang tentu saja mengkhawatirkan. Karena itu perlu dilakukan penanganan yang cepat agar kondisi tersebut tidak sampai membahayakan nyawa.

4 dari 4 halaman

Penyalahgunaan Narkoba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.