Sukses

Pesan Luhut ke 5 Produsen Oksigen: 100 Persen Pasokan untuk Sektor Kesehatan

Ada 5 produsen oksigen diminta 100 persen pasokan oaksigennya untuk sektor kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada 5 produsen oksigen yang diminta pasokan oksigennya untuk melayani sektor kesehatan. Namun, ia tak menyebut satu persatu produsen oksigen mana saja.

Upaya di atas sebagai salah satu langkah mengatasi kelangkaan oksigen.

"Memang ada sedikit kekurangan (oksigen), tapi sekarang dengan pengaturan dari 5 produsen oksigen, 100 persen pasokan oksigennya sekarang dikasihkan kepada sektor kesehatan," kata Luhut saat memberikan keterangan pers mengenai Layanan Telemedicine untuk Pasien Isolasi Mandiri pada Senin, 5 Juli 2021.

Kelangkaan oksigen yang terjadi, menurut Luhut, memang terjadi di beberapa rumah sakit. Namun, ia tegaskan hal itu segera diatasi, terutama oleh Kementerian Kesehatan.

"Soal oksigen kurang, segera kita atasi. Kekurangan oksigen sebenarnya karena ada peningkatan (kebutuhan oksigen) 3-4 kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan," lanjutnya.

"Jadi, tempat dan distribusinya (oksigen) agak tersendat."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Impor Oksigen 'On Going'

 Upaya lain mengatasi kelangkaan oksigen sedang diupayakan mengimpor oksigen. Pemenuhan tabung oksigen pun dilakukan.

"Kami rapat tadi malam sama Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin), lalu Pak Presiden bertanya soal rapat tersebut. Saya bilang, 'Tidak ada yang terlalu dikhawatirkan bila kita semua mengerjakan sesuatu sesuai bidang masing-masing," terang Luhut B. Panjaitan.

"Yang oksigen juga kita malah ada yang sudah mengimpor sekarang, lagi on going dan mengenai botol (tabung oksigen) dan sebagainya sedang kami kerjakan (penuhi ketersediaannya)."

Pada rapat koordinasi dengan Kementerian Perindustrian baru-baru ini, Luhut meminta agar pencatatan kebutuhan oksigen dirapikan di setiap kota.

“Sekarang kita butuh data yang detail. Kita bikin konversi oksigen industri semua full ke oksigen farmasi. Kekurangan kita ini bisa nanti terpenuhi, jika oksigen industri itu semua kita fokus ke oksigen farmasi,” tegasnya, dikutip dari keterangan resmi, Senin (5/7/2021).

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.