Sukses

Vaksinasi COVID-19 RI 1,3 Juta per Hari, Epidemiolog Optimis Herd Immunity Tercapai

Liputan6.com, Jakarta Pada Sabtu, 26 Juni 2021, Indonesia berhasil mencapai target 1,31 juta vaksinasi COVID-19. Kabar menggembirakan ini tercapai lebih awal dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu mulai bulan Juli 2021.  

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mendukung upaya pemerintah dalam memaksimalkan vaksinasi COVID-19. Ia yakin, kekebalan kelompok (herd immunity) bisa menghentikan pandemi COVID-19.

Apalagi sudah ada beberapa negara yang cakupan vaksinasinya tinggi, seperti Israel dan Amerika Serikat, kasus COVID-19 menurun.

"Program vaksinasi harus terus didorong agar mencapai herd immunity atau kekebalan komunitas," ujar Masdalina dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (27/6/2021) malam.

Akan tetapi, vaksinasi COVID-19 tidak langsung meningkatkan antibodi. Butuh waktu 1,5 bulan setelah dosis pertama dan kedua disuntikkan, antibodi terbentuk dengan baik.

Masdalina tetap mengingatkan, walau sudah divaksinasi lengkap, jika tidak menerapkan protokol kesehatan masih bisa terinfeksi COVID-19.

"Jadi, protokol kesehatan juga penting untuk melindungi diri," tegasnya.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 4 halaman

Dukungan Vaksinasi COVID-19 dari Berbagai Pihak

Target vaksinasi COVID-19 1,3 juta per hari dicapai berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak, terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pihak swasta yang turut membantu.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dukungan vaksinasi juga datang dari operasi 1 juta vaksinasi yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh TNI/Polri.

“Secercah berita baik, Indonesia berhasil melakukan 1,3 juta vaksinasi per hari yang dicapai kemarin (Sabtu, 26 Juni 2021). Terima kasih untuk TNI/Polri, Pemerintah Daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu,” katanya sebagaimana rilis Kemenkes, Minggu (27/6/2021).

“Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi." (Selengkapnya: Vaksinasi COVID-19 RI Pecah Rekor 1,3 Juta per Hari pada 26 Juni 2021)

3 dari 4 halaman

Infografis Boleh dan Tidak Boleh Sebelum - Setelah Vaksinasi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: