Sukses

Gawat, Bagian Tubuh Pria Ada yang Lebih Kotor dari Toilet

Liputan6.com, Jakarta Satu bagian tubuh pria ini tanpa disadari begitu kotor. Ini menarik banyak bakteri sehingga terbukti lebih kotor daripada toilet.

Bagian tubuh yang dibicarakan ini ada di wajah pria. Lebih tepatnya, rambut di wajah. Yakni pada bagian jenggot. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenggot bisa lebih kotor dari toilet. Alasannya, rambut jenggot ini menjadi tempat perlindungan yang bagus buat bakteri.

 

2 dari 5 halaman

Kata ahli

Bakteri ini melekat, tumbuh, dan berkembang di jenggot tanpa diganggu sedikit pun. Lagi pula, jenggot menjadi tempat yang nyaman dan hangat untuk bakteri.

Meski jenggot tempat yang paling kotor, bukan berarti pria yang berjenggot pasti kotor. Jack Gilbert dari Universitas Chicago mengatakan yang terpenting itu perawatan yang tepat.

"Manusia hanya sarat dengan bakteri, beberapa di antaranya memiliki kecenderungan untuk menyebabkan penyakit. Tetapi sebagian besar mereka semua adalah organisme komensal, yang berarti mereka tidak akan membahayakan kita," kata Gilberd dikutip dari Gent Side.

 

3 dari 5 halaman

Perlu perawatan

Sebenarnya, rambut jenggot sama seperti rambut lainnya, jadi juga perlu dirawat. Misalnya saja rambut kepala. Berinvestasi dalam minyak jenggot atau sampo yang berkualitas baik sehingga dapat membantu menjaga rambut jenggot tetap sehat, dan terlihat tebal dan berkilau.

Jadi, memiliki jenggot sama sekali tidak berhubungan dengan jorok. Faktor penentunya adalah perawatan yang tepat, maka bagian tubuh ini juga jadi bersih. Jangan lupa mencuci secara menyeluruh sekitar tiga kali seminggu untuk setidaknya mencegah bau yang tidak sedap.

4 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini: