Sukses

Komnas KIPI: Vaksin AstraZeneca Aman untuk Lansia

KIPI vaksin AstraZeneca lebih jarang dibanding usia yang lebih muda.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca aman bagi orang lanjut usia (lansia). Hal tersebut terlihat dari data yang dimiliki KIPI bahwa pada lansia KIPI lebih jarang.

"Kejadian ikutan pasca imunisasi sebetulnya pada vaksin Astrazeneca kelompok yang lansia lebih rendah, kejadian pasca imunisasinya lebih rendah. Sehingga sebetulnya lebih aman, dan juga seperti angka-angka di Inggris, Korea," katanya dalam acara dialog mengupas tuntas tentang vaksin AstraZeneca dalam Youtube FMB9ID_IKP, Selasa (25/5/2021).

Hal tersebut juga terlihat dibeberapa negara, seperti di Eropa dengan adanya vaksinasi tersebut angka tingkat kematian menurun. Kemudian angka dirawat di rumah sakithingga angka sakit berat pun juga menurun. Hal tersebut juga katanya menyertai dengan angka sakit remaja dan muda juga turun setelah adanya program vaksinasi dilakukan.

"Ya pasti, tapi semua ada angkanya menunjukan penurunan secara bermakna setelah program vaksin di lakukan," bebernya.

Di kesempatan yang sama secara daring hadir Ketua Komda PP KIPI Provinsi DKI Jakarta, Ellen Sianipar mengatakan pihaknya telah memberikan rambu-rambu kepada beberapa dokter spesialis untuk memberikan informasi kepada lansia terkait vaksinasi tersebut. Mereka kata dia sudah diberikan formulir untuk mengetahui riwayat kesehatan apa saja yang dimiliki.

"Memang kalau ada riwayat kesehatan yang kemudian mencurigakan dan kira-kira tidak bisa divaksin dan diharapkan untuk melakukan layak vaksin atau tidak," ungkapnya.

Ellen juga meminta kepada lansia dengan penyakit komorbid untuk mengkonsultasikan diri terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani vaksinasi COVID-19.

 

Penulis: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.