Sukses

RSDC Wisma Atlet Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19 Usai Lebaran

Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 usai lebaran 1442 H.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 usai lebaran 1442 H. 

Melansir Antara, langkah antisipasi yang dilakukan RSDC Wisma Atlet termasuk mempertahankan jumlah tempat tidur dan tenaga kesehatan meski angka pasien yang sedang dirawat saat ini juga sudah turun.

“Kami harus mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Kapasitas kami 5.994 tempat tidur dan tidak diturunkan meski saat ini angka hunian di bawah 30 persen,” ungkap Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mayor Jenderal (Mayjen) Tugas Ratmono.

Ratmono menyebut ada dua hal yang menjadi pertimbangan perihal persiapan langkah antisipasi tersebut, yakni mobilitas warga selama libur lebaran dan munculnya mutasi virus corona di India, Inggris, dan Afrika Selatan.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rawat Sesegera Mungkin

Menurut Mayjen Tugas Ratmono, salah satu prinsip mengatasi penyebaran COVID-19 adalah dengan merawat sesegera mungkin orang yang terkonfirmasi positif. Dengan demikian, langkah antisipasi yang dilakukan RSDC Wisma Atlet pun dinilai sebagai suatu keharusan.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, jumlah pasien COVID-19 pascalibur bersama natal dan tahun baru melambung tinggi. Pada 27 September 2020 san 24 Januari 2021 misalnya, jumlah pasien RSDC Wisma Atlet Kemayoran melonjak hingga di atas 5.000 pasien. Ratmono pun mengharapkan kejadian ini tidak akan terulang lagi.

“Kami tidak ingin kejadian tersebut terulang kembali setelah libur Lebaran,” tuturnya.

Sejak 23 Maret 2020 hingga Jumat (7/5/2021), RSDC Wisma Atlet mendata sebanyak 82.527 orang terdaftar untuk mendapatkan perawatan. Sementara itu, pasien yang sudah bisa keluar dari RSDC Wisma Atlet ada 81.159 orang

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Cara Lindungi Kelompok Usia Rentan dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.