Sukses

Varian Virus Corona B1617 India Masuk Indonesia, Satgas COVID-19 Minta Masyarakat Tidak Panik

Varian virus Corona B1617 dari India masuk ke Indonesia, Satgas COVID-19 minta masyarakat tidak panik.

Liputan6.com, Jakarta Varian virus Corona B1617 dari India sudah masuk ke Indonesia, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta masyarakat tidak panik. Protokol kesehatan harus dapat terus dilakukan.

"Kita harus waspada karena varian virus COVID-19 yang berasal dari India, yaitu B1617 telah masuk ke Indonesia. Saya minta masyarakat untuk tidak panik," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

"Hal yang penting dan dilakukan oleh masyarakat adalah mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk perlindungan diri dari penularan COVID-19."

Upaya lain yang dilakukan untuk meredam penyebaran varian virus Corona dengan mengetatkan pintu masuknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri. 

"Pemerintah juga telah mengantisipasi masuknya TKI dari luar negeri. Sesuai dengan arahan Presiden, maka Pangdam dan Kapolda di daerah diminta mengintegrasikan seluruh instansi pusat yang terlibat dalam kepulangan TKI," lanjut Wiku.

"Hal ini dilakukan untuk memudahkan kontrol terhadap TKI yang pulang ke Tanah Air sekaligus mencegah adanya oknum yang melakukan pelanggaran terkait prosedur kedatangan ke Tanah Air."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Varian Virus Corona B117 dan B1351

Kemarin, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, ada dua insiden varian virus Corona B1617 India.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu dari India. Ada dua insiden yang kita lihat, dua-duanya di Jakarta," kata Budi saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 3 Mei 2021.

Selain dari India, ada juga varian virus Corona B117 dan B1351 dari Afrika Selatan. Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, munculnya varian-varian baru ini menjadi salah satu alasan terjadinya lonjakan kasus di beberapa negara.

“Selain karena mobilitas tinggi, lonjakan kasus juga disebabkan munculnya varian baru B117 asal Inggris, B1617 India, dan B1351 Afrika Selatan,” ujar Nadia saat konferensi pers, Selasa, 4 Mei 2021.

Adapun varian yang tergolong dalam Variant of Concern (VOC) atau varian yang diwaspadai, yakni B117, B1351, dan P1. Varian B117 diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36 sampai lebih dari 70 persen dibandingkan dengan jenis virus yang beredar sebelumnya.

“Kita tahu bahwa varian B117 ini adalah yang saat ini paling banyak dilaporkan oleh berbagai negara. Namun, di India varian B1617 justru yang paling mendominasi dibandingkan varian B117. Varian yang juga disebut mutasi ganda ini sudah ditemukan di Singapura dan Malaysia,” tambah Nadia.

3 dari 3 halaman

Infografis Varian Baru Virus Covid-19 Lebih Mematikan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.