Sukses

Herpes Zoster Bukan Penyakit Alergi, Dokter: Tidak Ada Pantangan Makanan

Herpes bukan penyakit alergi, penyakit autoimun, atau penyakit alergi kontak, melainkan penyakit infeksi. Sehingga tidak ada kaitannya dengan pantangan makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Herpes Zoster atau Hherpes itu sendiri bukanlah penyakit alergi, atau penyakit autoimun, maupun penyakit alergi kontak. Melainkan penyakit infeksi seperti disampaikan dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV.

Infeksi yang mengakibatkan herpes terjadi karena virus masuk ke tubuh. Sehingga herpes adalah penyakit infeksi virus, bukan penyakit alergi.

Dalam konteks asupan makanan, pasien herpes bolehmakan apa yang disukai. Hal ini berlaku pada penderita cacar air maupun cacar api.

“Karena ini bukan kasus alergi, diperbolehkan untuk makan apa aja. Tidak ada pantangan makan, makan apa saja yang diinginkan, makan apa saja yang membuat senang dan sehat,” ujar Anthony pada Virtual Media Briefing bersama Klinik Pramudia.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gatal Bukan Karena Asupan Makanan

Jika memang setelah mengonsumsi makanan seperti telur ataupun makanan laut tubuh terasa gatal, hal ini disebabkan karena kondisi luka yang akan sembuh dan tumbuh kulit baru. Pertubuhan kulit baru pasti akan memberikan sensasi gatal pada tubuh.

Anthony berpesan untuk pasien Herpes Zoster agar mengonsumsi apa saja yang disukai demi memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

“Makan apa saja yang membuat tubuh sehat dan membuat pikiran senang. Keadaan ini akan membuat imunitas tubuh meningkat dan lebih baik,” pungkas Dokter Anthony.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 3 halaman

Infografis Kunci Hadapai COVID-19 dengan Iman, Aman, dan Imun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.