Sukses

Minum Kopi Sebelum Olahraga, Bantu Bakar Lemak Lebih Banyak

Liputan6.com, Jakarta Kopi memiliki kandungan kafein didalamnya. Kafein sendiri merupakan stimulan yang berasal dari biji kopi, daun teh, atau biji kakao. Efek dari konsumsi kafein umumnya meningkatkan kewaspadaan, fungsi kognitif, juga menurunkan berat badan.

Dilansir dari Medical News Today, studi para peneliti menemukan, bahwa konsumsi jumlah kafein yang setara dengan secangkir kopi kental 30 menit sebelum melakukan latihan aerobik mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Tetapi perlu diperhatikan, FDA (Food and Drug Administration) menyarankan orang dewasa untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 miligram yang setara dengan 4 hingga 5 cangkir kopi per harinya.

Studi berdasarkan 21 meta analisis pada tahun 2019, menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan hasil dari olahraga yang dilakukan. Karena, kafein mampu meningkatkan kekuatan anaerobik, memperkuat daya tahan ketika melakukan aerobik, dan memperkuat otot.

 
2 dari 4 halaman

Kafein Membantu Tubuh Bakar Lemak

Para ilmuwan dari Departemen Fisiologi Universitas Granada Spanyol melihat adanya pengaruh asupan kafein dengan laju oksidasi lemak maksimal (MFO) pria aktif. Studi ini dilakukan pada Juni hingga November 2019, kemudian diterbitkan di Journal of the International Society of Sports Nutrition.

“Hasil penelitian menunjukkan, bahwa konsumsi kafein 30 menit sebelum melakukan latihan aerobik dapat meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan berlangsung. Manfaat ini diperoleh kapan saja, pagi dan sore, tidak tergantung pada waktu olahraga,” kata Francisco J. Amaro-Gahete, penulis studi senior.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 4 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini