Sukses

Alumni Tarakanita Bantu Mobilisasi Ratusan Lansia Ikut Vaksinasi COVID-19

Alumni Tarakanita mengajak 300 orang lanjut usia ber-KTP Jabodetabek untuk divaksin pada 24 Maret 2021 di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Keterlibatan­­­­ lintas sektor berperan penting dalam mempercepat mencapai target sasaran orang yang divaksin COVID-19.

Hal ini seperti yang dilakukan pemerintah berkolaborasi dengan alumni Tarakanita dalam memobilisasi peserta vaksinasi COVID-19. Alumni Tarakanita berhasil mengajak 300 orang lanjut usia ber-KTP Jabodetabek untuk divaksin pada 24 Maret 2021 di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan, Jakarta.

Tiana dan Ninies, yang bertanggung jawab dalam proses mobilisasi Alumni Tarakanita 87 menyampaikan alasan kesediaannya membantu mempercepat vaksinasi COVID-19.

“Kami mau karena ini prosedurnya sesuai jalur dan tidak menyerobot antrian atau jatah orang. Kami selalu siap dan bersedia membantu dalam proses percepatan vaksinasi COVID-19. Selain memobilisasi untuk peserta lansia," kata Tiana dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com.

Kolaborasi pemerintah dengan Alumni Tarakanita seperti ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Di dalamnya disebutkan bahwa Kementerian Kesehatan dapat bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, BUMN atau badan usaha swasta, organisasiprofesi/kemasyarakatan, dan pihak lainnya yang dipandang perlu.

"Program vaksinasi COVID-19 adalah gerakan bersama seluruh komponen bangsa agar tujuan dari vaksinasi yakni kekebalan kelompok tercapai, untuk bisa melindungi diri, keluarga, dan orang sekitar," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

 

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran Online Lebih Efektif dan Efisien

Ratusan peserta lansia yang dimobilisasi oleh Alumni Tarakanitas ini  sebelumnya mendaftar di https://loket.com/event/vaksinasicovid19untuklansiaalumnitarakanita. Link tersebut akan ditutup pada 24 Maret 2021 pukul 07.00 WIB.

Dengan pendaftaran online maka tidak terjadi penumpukan dan kerumunan di lokasi Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Berikut beberapasyarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti vaksinasi:

1. Lansia dengan membawa KTP Asli

2. Untuk KTP Jabodetabek

3. Wajib hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ada di e-voucher

4. Tetap menjaga protokol kesehatan selama di area vaksinasi.

5. Wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area Sentra Vaksinasi Bersama BUMN.

6. Bagi yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani.

7. Peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, dimohon dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.