Sukses

Ini Daftar 10 Kota Tersehat di Dunia, Eropa Mendominasi

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi yang dikeluarkan oleh money.co.uk mengungkapkan kota-kota tersehat di dunia untuk ditinggali pada 2021. 

Dalam publikasi yang dirilis Januari 2021 ini, para ahli memeringkat setiap kota berdasarkan harapan hidup, biaya makanan sehat, polusi udara, tingkat obesitas, keamanan, dan durasi terpaan sinar matahari untuk menentukan daerah mana yang memiliki gaya hidup terbaik. Jumlah kasus COVID-19 tidak masuk dalam indikator kota tersehat di dunia.

Mengutip CEO Magazine, Spanyol disahkan menjadi negara tersehat di dunia. Salah satu faktor pendukungnya adalah pola makan Mediterania yang tinggi omega 3, lemak, dan protein. Masyarakat Spanyol juga sering berjalan kaki untuk mendukung mobilitas mereka.

Sementara itu, Amerika Serikat dinobatkan sebagai salah satu negara paling tidak sehat. Peringkat obesitas di Negeri Paman Sam ini berada di urutan 153 dari 166 negara. Hal ini berdampak pada turunnya angka rata-rata harapan hidup.

Berikut daftar 10 kota tersehat di dunia:

1. Valencia

Kota paling sehat di dunia merupakan salah satu kota di Spanyol, Valencia. Sajian nasi khas Spanyol, paella, menjadi salah satu rahasia kesehatannya. Hidangan yang mirip dengan nasi goreng tersebut umumnya dicampur dengan makanan laut seperti ikan, udang, atau kerang sebagai topping.

2. Madrid

Masih dari Spanyol, Madrid merupakan kota tersehat kedua di dunia. Ibukota Spanyol yang terkenal dengan klub sepak bolanya ini memiliki salah satu angka harapan hidup tertinggi di Eropa. Sayangnya, tingkat polusi dan kriminal di Madrid masih lebih tinggi daripada di Valencia.

3. Lisbon

Kota tersehat ketiga di dunia adalah ibukota Portugal, Lisbon. Kota pesisir yang terkenal dengan bangunan-bangunan tua berwarna pastel ini memiliki skor tingkat polusi yang lebih rendah dari Valencia dan Madrid. Biaya untuk makanan sehat di sini juga relatif lebih murah.

2 dari 5 halaman

4. Wina

Tingkat obesitas di Wina jadi salah satu yang paling rendah di Eropa. Hal yang sama juga terjadi pada tingkat polusinya. Tak heran jika ibukota Austria ini dicatat sebagai kota paling sehat keempat di dunia.

5. Canberra

Menduduki posisi kelima kota paling sehat di dunia, ibukota Australia Canberra mencatatkan skor tingkat obesitas yang tertinggi dari daftar 10 kota paling sehat di dunia, yakni 31,3. Namun, skor tingkat polusi di sini jadi yang paling rendah, yakni 14,1.

6. Tel Aviv

Tel Aviv menduduki posisi keenam dari 10 kota paling sehat di dunia. Indeks skor harapan hidup salah satu kota terbesar di Israel ini mencapai 82,8. Namun, skor polusi Tel Aviv jadi yang terbesar kedua setelah Madrid dari daftar 10 kota tersebut, yakni 47,5.

7. Tokyo

Tokyo masuk di peringkat tujuh dari 10 kota tersehat dunia. Tokyo juga mendapat predikat kota dengan tingkat obesitas terendah di dunia dan angka harapan hidup tertinggi. Meski begitu, biaya untuk makanan sehat di sini masih tergolong tinggi (5,56 poundsterling atau Rp120 rb untuk 1 kg apel).

 

3 dari 5 halaman

8. Den Haag

Salah satu kota di Belanda, Den Haag berada di peringkat kedelapan kota tersehat di dunia. Tingkat polusi di kota ini cukup rendah dengan skor 22,9. Selain itu, tingkat obesitas Den Haag juga terhitung cukup rendah dengan skor 12,7.

9. Ljubljana

Nama Ljubljana mungkin masih asing terdengar di telinga. Ibukota Slovenia ini berada di posisi kesembilan kota paling sehat di dunia. Kota dengan luas wilayah 275 km persegi ini jadi kota dengan biaya makanan sehat paling murah dari sembilan kota lainnya. Harga satu kilo apel di sana hanya sebesar 1,38 poundsterling atau sekitar Rp27.300 (kurs Rp19.807,50).

10. Zurich

Ibukota Swiss, Zurich ada di urutan terakhir dari 10 kota tersehat di dunia. Zurich juga jadi yang paling sedikit terkena sinar matahari dari sembilan kota lainnya, yakni 1.566 jam per tahun. Tingkat obesitas dan polusi di Zurich termasuk cukup rendah dan harapan hidupnya berada di nomor dua setelah Jepang. Zurich sekaligus jadi salah satu kota paling aman di dunia dengan skor kriminalitas hanya 16,6 dan skor keamanan 83,6.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Simak juga video berikut