Sukses

Tenaga Kesehatan Lansia Divaksin COVID-19, Kemenkes: Sejauh Ini Tidak Ada KIPI

Sejauh ini belum ada laporan KIPI vaksin COVID-19pada tenaga kesehatan lansia yang berat.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan PPSDM Kesehatan dari Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan vaksin COVID-19 yang digunakan Indonesia aman untuk lansia. Termasuk tenaga kesehatan lansia yang terlebih dulu mendapat suntikan vaksin COVID-19 dari Sinovac.

"Uji klinis di tempat lain termasuk vaksin Sinovac ternyata aman. Kita juga sudah mulai untuk tenaga kesehatan lansia di atas 60 tahun sudah disuntik sejak minggu lalu," kata dia dalam acara Dialog Produktif Rabu Utama, Vaksinasi Menyasar Pedagang Pasar, pada Rabu (17/2/2021).

Maxi mengungkapkan, sedari awal pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memastikan seluruh jenis vaksin yang beredar di Tanah Air dalam kondisi aman. Salah satunya dengan patuh mengikuti ketentuan World Health Organizatio (WHO) terkait pembelian jenis-jenis vaksin yang telah memenuhi uji klinis.

"Kemudian kita juga menunggu Badan POM untuk melakukan uji penggunaan darurat/Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin sebelum diberikan," terangnya.

Sampai saat ini masih belum menerima laporan adanya efek samping pasca penyuntikan vaksin COVID-19 atau Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) untuk tenaga kesehatan lansia

"Sejauh ini tidak ada KIPI, tidak ada gejala berat. Darii laporan seluruh Indonesia yang efeknya ringan, dan sedang, dan semuanya ditangani," tutupnya.

 

 

Penulis: Sulaeman/Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini