Sukses

Cara Caregiver Bandari Alamanda Jaga Kesehatan Lansia Spanyol di Tengah Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat lanjut usia (lansia) adalah kelompok yang rentan terkena COVID-19. Di sisi lain, para lansia membutuhkan bantuan caregiver dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Salah satu caregiver asal Jakarta, Bandari Alamanda, bercerita tentang cara yang ia lakukan selama mengurus lansia di Spanyol dalam masa pandemi COVID-19.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan yang baik adalah kunci utama saling menjaga. Baik menjaga diri sendiri maupun lansia yang didampingi.

“Kalau aku menemani mereka yang pasti cuci tangan dan jauh-jauh enggak bisa duduk berdekatan lagi, dua meter itu sudah pasti. Dia duduk di sofa, aku harus duduk dua meter jauh dari dia,” ujarnya kepada Health Liputan6.com, Minggu (17/1/2021).

Selain mencuci tangan dan jaga jarak, perempuan yang akrab disapa Manda ini selalu mengenakan masker saat mengurus lansia. Untuk saling melindungi, keduanya sama-sama memakai masker walau di dalam rumah.

“Kalau mau makan aku siapin makanannya, pas makan dia buka masker dan aku di ruangan lain. Pas selesai dia pakai masker lagi dan aku nemenin lagi.”

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Menjaga Asupan Makanan

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan, pemilik podcast SamaManda ini juga senantiasa memerhatikan asupan makanan bagi lansia yang ia damping.

“Makanannya dijaga, kan harus minumnya banyak kalau minumnya gak mau banyak ya dikasih madu hangat lah biar dia bisa minum, kan orang tua biasanya nggak bisa banyak minum.”

Konsumsi alkohol juga sangat dibatasi oleh Manda, mengingat lansia di Spanyol masih ada yang mengonsumsi minuman tersebut.

Menjaga asupan makanan lansia juga dianggap sangat penting karena berhubungan dengan sistem imun atau kekebalan tubuh. Makanan sehat tentunya akan berpengaruh baik pada tubuh begitu pula sebaliknya.

“Intinya sih jaga kesehatan mereka dan jaga kesehatan diri sendiri. Kalau aku yang pasti olahraga sih jangan lepas, berpengaruh banget.”

3 dari 4 halaman

Infografis Waspadai 3 Gejala Khusus COVID-19 pada Lansia

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini