Sukses

Wamenkes Dante Saksono Suntik Vaksin COVID-19 di RSCM

Dokter Dante Saksono menerima suntik vaksin COVID-19 Sinovac dalam kunjungannya ke RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis, 14 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima vaksinasi COVID-19 bersama Presiden Joko Widodo kemarin, kini giliran Wakil Menteri Dante Saksono yang divaksinasi.

Dokter Dante Saksono menerima suntik vaksin COVID-19 Sinovac dalam kunjungannya ke RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis, 14 Januari 2021. Ia menjadi yang pertama mendapat suntik vaksin Sinovac di RSCM, menandai dimulainya vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut.

Didampingi Dirut RSCM dr Lies Dina Liastuti, SpJP(K), Dante mengikuti empat tahap vaksinasi dengan tenang dan santai.

Sekitar pukul 08.30 WIB, Dante disuntik vaksin COVID-19 Sinovac oleh salah seorang tim dokter vaksinator. Prosesnya pun berlangsung relatif cepat. Ia hanya menunggu beberapa saat sebelum vaksinator menyuntikkan vaksin.

Usai vaksinasi, Dante diberi sertifikat oleh Dirut RSCM. Sertifikat tersebut menjadi bukti bahwa ia telah menjalani vaksinasi COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

vaksinator ahli di bidangnya

Ketika menyapa awak media, Dante mengatakan, tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator adalah para ahli di bidangnya dan telah terlatih sehingga tidak merasakan apa-apa ketika disuntik. Ia juga berharap tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) serius.

"Para dokter yang menyuntik sudah dilatih dan merupakan dokter yang ahli di bidangnya. Jadi tidak ada rasa apa-apa. Mudah-mudahan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi yang saya alami," ucapnya.

Hari ini, Dirut RSCM Lies Dina Liastuti mengatakan, 25 tenaga kesehatan di rumah sakit yang dipimpinnya yang akan menjalani vaksinasi. Selanjutnya, dari sekitar 6 ribu nakes yang bertugas di RSCM, setiap hari ada 275 nakes yang akan disuntik vaksin. Hal tersebut merupakan upaya RSCM dan Pemerintah dalam membangun kekebalan tubuh para nakes yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi COVID-19.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.