Sukses

Indonesia Resmi Ajukan 108 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Gratis dari GAVI

Indonesia menandatangani formulir permintaan pengadaan vaksin COVID-19 dari GAVI.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia resmi mengajukan permintaan pengadaan 108 juta dosis vaksin COVID-19 gratis dari aliansi vaksin dan imunisasi internasional GAVI. Hal ini ditandai dengan penandatangan formulir B pengajuan permintaan vaksin COVID-19 oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Kamis, 7 Januari 2021.

"Formulir bagian B yang akan ditandatangani hari ini merupakan bagian dari GAVI Covax Facility yang akan melengkapi konfirmasi sebelumnya," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi sebelum penandatanganan formulir bagian B.

Sebelumnya, formulir bagian A yang berisi tentang hal-hal umum vaksin, cost sharing, safety dan rantai dingin sudah ditandatangani Budi pada 7 Desember 2020.

Lewat penandatanganan formulir bagian B permintaan pengadaan vaksin COVID-19 gratis dari GAVI ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap Indonesia bisa mendapataknnya. Sehingga bakal melengkapi kesediaan vaksin pasti yang kini dari Sinovac, AstraZeneca, dan Novavax serta yang dalam pendekatan dengan Pfizer.

"Jika mendapatkan (dari GAVI), InsyaAllah akan cukup untuk 181 juta rakyat Indonesia," kata Budi secara virtual yang dilihat di YouTube Kementerian Kesehatan.

Bila nanti sudah mendapatkan kepastian serta menerima vaksin tersebut, Indonesia bisa fokus pada distribusi serta vaksinasi COVID-19 itu sendiri.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajukan Menlu Retno dalam Jajaran Co-Chair GAVI

Di kesempatan yang sama, Budi juga menyampaikan bahwa Indonesia mengajukan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk duduk menjadi salah satu posisii Co-Chair di GAVI. Pemilihan co-chair, kata Budi, akan dilaksanakan secara voting pada esok hari.

Harapannya, bila Retno terpilih, bisa mewakili Indonesia serta memperbesar peluang mendapatkan 108 juta dosis vaksin COVID-19 secara gratis

"Bila terpilih menjadi co-chair di GAVI, 108 juta dosis bisa maksimal kita peroleh karena seluruh negara berebut mendapatkan vaksin," kata Budi.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.