Sukses

Siap Dukung Budi Gunadi Tangani COVID-19, Eks Menkes Siti Fadilah: Saya Juga Pernah Hadapi Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyatakan kesiapannya mendukung Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Dalam acara Serah Terima Jabatan Menteri Kesehatan RI pada Selasa sore (29/12/2020) kemarin, Siti Fadilah mengatakan bahwa saat ia menjabat, ia menghadapi beberapa pandemi.

"Saya adalah menteri yang pernah menghadapi pandemi flu burung dan alhamdulillah waktu itu kami bisa mengatasinya," kata Menteri Kesehatan tahun 2004 hingga 2009 tersebut lewat kehadirannya secara virtual.

"Saya sangat bersedia untuk men-support untuk pandemi ini. Barangkali masih ada sisa-sisa ilmu saya pada waktu menghadapi pandemi ini," kata dokter spesialis jantung itu menambahkan.

Selain flu burung, Siti juga mengatakan bahwa dirinya punya pengalaman dengan pandemi lain, seperti SARS dan juga flu babi. "Saya kira itu tidak gampang, apalagi yang sekarang. Siapa pun yang jadi menteri akan menghadapi masalah yang tidak mudah," katanya.

2 dari 4 halaman

Tak Perlu Khawatir Walau Bukan Dokter

Pada kesempatan tersebut, Siti juga mengucapkan selamat kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin yang baru diangkat beberapa waktu lalu.

Siti mengatakan, dengan latar belakang bukan dokter, menjadi seorang menteri kesehatan adalah tantangan baru bagi Budi Gunadi. Namun, hal itu tak jadi masalah untuknya.

"Saya kira tidak perlu khawatir, karena wakilnya adalah dokter Dante saya kira akan bisa mengisi nanti, lebih bagus," katanya.

Pisah sambut Menkes RI dari Terawan Agus Putranto kepada Budi Gunadi Sadikin berlangsung pada Selasa sore di Auditorium Siwabessy, Kemenkes, Jakarta.

Selain Siti Fadilah, beberapa mantan Menkes periode sebelumnya juga hadir secara virtual lainnya adalah Farid Anfasa dan Nila Moeloek, Nafsiah Mboi, serta mantan Wamenkes Ali Ghufron Mukti.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Wakil Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini