Sukses

Empon-Empon, Ramuan Herbal yang Cocok Dikonsumsi di Masa Pandemi COVID-19

Ramuan herbal atau jamu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan terutama di masa pandemi COVID-19. Ahli menyebutkan, beberapa jenis herbal dapat menjadi imunomodulator, mengurangi gejala, dan mengatasi faktor komorbid COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Ramuan herbal atau jamu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan terutama di masa pandemi COVID-19. Ahli menyebutkan, beberapa jenis herbal dapat menjadi imunomodulator, mengurangi gejala, dan mengatasi faktor komorbid COVID-19.

Menurut dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), ramuan herbal tertentu dapat dikonsumsi jika ada gejala-gejala ringan dan sebagai pendamping obat utama komorbid.

Ia juga menyampaikan, dalam surat edaran Kementerian Kesehatan HK. 02.02/IV,2243/2020 ada beberapa ramuan yang cocok dikonsumsi di masa pandemi COVID-19.

Jamu-jamu tersebut yakni jamu stamina, antioksidan, peningkat imunitas, anti radang, jamu anti batuk pilek, penambah nafsu makan, jamu bersalin, jamu pegal linu, dan jamu kecantikan.

“Ini merupakan respons Kemenkes terhadap upaya penanganan COVID-19 dengan memanfaatkan kekayaan alam,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV, ditulis Selasa (29/12/2020).

Salah satu nama jamu yang disebutkan Ratna adalah empon-empon. Khasiat jamu ini adalah untuk menambah stamina, mengurangi gejala batuk, pilek, radang, nyeri, dan dan sebagai antioksidan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Meramu Empon-Empon

Empon-empon adalah salah satu jenis ramuan jamu yang telah terbukti klinis memiliki efek baik pada pasien COVID-19. Bahkan, presiden Joko Widodo sempat mempromosikan jamu ini agar masyarakat ikut mengonsumsinya, kata Ratna.

Dalam meramu empon-empon, dibutuhkan berbagai bahan segar yang mudah didapat. Bahan-bahan tersebut yakni:

-3 ruas jari kunyit

-2 ruas jari jahe merah

-1 empu/8 cm temulawak

-3-5 batang sereh

-2 batang kayu manis

-3 gelas air

Setelah memastikan semua bahan tersebut segar dan tanpa jamur, semua bahan tersebut kemudian dicuci bersih, dikupas, dan dimemarkan.

Dilanjutkan dengan mendidihkan 3 gelas air dalam panci stainless. Setelah mendidih, api dikecilkan kemudian semua bahan dimasukkan.

Proses selanjutnya adalah memasak bahan tersebut dengan api kecil selama 10 hingga 15 menit. Setelah hangat, saring dan siap dihidangkan.

“Boleh ditambah gula aren, madu atau gula stevia sesuai kebutuhan,” pungkas Ratna.

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.