Sukses

Hari Ibu, Menteri PPPA: Perempuan Sumber Kekuatan Bangsa

Dalam pesannya di Hari Ibu, Menteri PPPA mengatakan bahwa sudah tidak boleh ada lagi diskriminasi bagi perempuan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Hari Ibu tahun 2020, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan sudah tidak boleh ada ruang bagi diskriminasi pada perempuan dalam bentuk apapun di Indonesia.

Dalam Puncak Peringatan Hari Ibu ke 92 tahun 2020 yang diadakan secara virtual, pada Selasa (22/12/2020), Bintang Puspayoga mengatakan bahwa perempuan dan laki-laki harus memiliki kesempatan yang sama, untuk berperan dalam pembangunan bangsa.

"Di negara yang mengedepankan kesatuan ini, tidak ada ruang bagi diskriminasi dalam bentuk apapun," kata Bintang Puspayoga seperti dikutip dari siaran kegiatan di Youtube Kemen PPPA.

Bintang Puspayoga tidak mengatakan, meski bangsa ini sudah lama lepas dari belenggu penjajahan, masih ada keprihatinan bahwa perempuan masih terjajah berbagai persepsi dan konstruksi sosial yang merugikan.

"Perempuan dikategorikan sebagai kelompok rentan bukan karena dirinya lemah, tetapi lebih kepada mengakarnya budaya patriarki yang memposisikan peran utama perempuan ada di ranah domestik, sehingga tidak mampu untuk mengambil peran aktif di ranah publik."

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjaga Keluarga di Masa Pandemi

Persepsi dan konstruksi sosial pada perempuan yang merugikan, dinilai Bintang Puspayoga membelenggu potensi perempuan hingga saat ini.

Menurut Bintang Puspayoga, hampir setengah populasi Indonesia adalah perempuan. Ia mengatakan, harusnya hal ini adalah sumber kekuatan bangsa.

"Dimanapun mereka memilih untuk berpijak, cahaya mereka selalu terlihat nyata," ujarnya.

Bintang Puspayoga mengatakan, perempuan memiliki kualitas yang berharga dan dengan kelembutannya, perempuan dinilai mampu menggerakkan hati banyak orang untuk bersama-sama mencapai perubahan.

"Dengan ketangguhannya perempuan mampu menerjang berbagai tantangan, berjuang untuk kebaikan bersama, terutama dalam sulitnya situasi pandemi COVID-19 ini, sebagai penjaga keluarga."

Oleh karena itu, Bintang Puspayoga mengatakan bahwa perempuan sebagai ibu, istri, atau dirinya sendiri, adalah sosok yang mulia.

3 dari 3 halaman

Infografis Ingat Pesan Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.