Sukses

Atasi Stres dan Kecemasan dengan Gerakan Yoga Simpel Ini

Liputan6.com, Jakarta Seorang instruktur yoga di platform online Connective and Yoga Vida, Sangeeta Vallabhan, di New York City memberi tahu gerakan-gerakan yoga yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan kita, sekaligus rasa sedih atau marah.

“Bergerak dengan cara yang terasa nyaman, tanpa melelahkan tubuh atau napas Anda,” katanya yang menggambarkan apa itu yoga.

Sebelum memulai gerakan-gerakan berikut ini, pastikan lingkungan Anda sudah tenang dan diiringi alunan musik lembut, seperti dilansir dari Health.com.

1. Seated side bend

Duduklah di matras yoga atau lantai dengan kaki disilangkan. Letakkan tangan kanan di lantai ke sisi kanan kaki. Ulurkan lengan kiri hingga ke atas kepala, tekuk pinggang ke kanan. Mendongaklah dan tahan selama 3 hingga 5 kali napas. Kemudian ganti posisi dengan sisi yang satunya.

2. Downward dog

Dari posisi plank, angkat pinggul ke belakang dan ke atas. Tekan tangan dan kaki ke tanah saat pinggul terus bergerak ke atas. Lutut bisa lurus atau sedikit ditekuk. Tahan selama 5 kali napas.

3. Extended side angle

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, kaki kanan ke depan dan jari kaki mengarah ke depan, kaki kiri berputar sekitar 45 derajat. Tekuk lutut kanan hingga 90 derajat, paha sejajar dengan lantai. Condongkan tubuh ke samping, lengan kanan ke paha kanan atau tangan kanan ke blok yoga yang dipasang di luar kaki kanan. Rentangkan lengan kiri lurus ke atas atau di samping telinga, buka dada. Tahan selama 3 hingga 5 kali napas. Ulangi dengan sisi yang satunya.

4. Triangle pose

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, kaki kanan ke depan dan jari kaki mengarah ke depan, kaki kiri berputar sekitar 45 derajat, kedua lutut lurus. Condongkan tubuh ke samping, lengan kanan ke bawah dan letakkan tangan kanan di tulang kering kanan atau pada blok yoga yang dipasang di luar kaki kanan. Rentangkan lengan kiri hingga ke langit. Tahan selama 3 hingga 5 kali napas. Ulangi dengan sisi yang satunya.

 

2 dari 4 halaman

5. Warrior II

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, kaki kanan ke depan dan jari kaki mengarah ke depan, kaki kiri berputar sekitar 30 derajat. Tekuk lutut kanan hingga 90 derajat, paha sejajar dengan lantai. Rentangkan lengan ke samping, telapak tangan ke bawah, rentangkan lengan kanan ke depan dan lengan kiri ke belakang. Tahan selama 5 napas. Kemudian ganti sisi yang satunya.

6. Side plank

Mulai dengan berbaring menyamping, tangan kanan diletakkan di bawah bahu kanan. Angkat pinggul untuk membuat garis diagonal lurus dari bahu ke pinggul hingga pergelangan kaki, dan rentangkan tangan kiri. Tahan selama 3 hingga 5 kali napas. Kemudian ganti sisi yang satunya.

7. Plank

Mulailah dengan posisi push-up, bahu di atas pergelangan tangan, buat garis lurus dari bahu ke pinggul hingga tumit. Luruskan batang tubuh, dan tahan dengan tumit. Tahan posisi ini selama 3 sampai 5 tarikan napas.

8. Restorative savasana

Berbaring telentang, dengan handuk atau selimut digulung atau dilipat dan diletakkan horizontal di bawah lutut. Letakkan gulungan handuk atau selimut lain di bawah kepala. Tutup mata, rilekskan tubuh. Pertahankan posisi ini selama 5 hingga 10 menit.

3 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: