Sukses

Sederet Manfaat Mandi Pakai Air Dingin, Salah Satunya Bantu Lebih Fokus

Liputan6.com, Jakarta Mandi menggunakan air hangat di penghujung hari yang melelahkan dapat membantu tubuh rileks dan tenang. Namun, sebuah studi mengungkapkan manfaat air dingin.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, ada lebih banyak hal yang dapat diperoleh dari mandi air dingin dibandingkan dengan mandi air hangat. Dilansir dari Times of India, berikut kami rangkum empat alasan mengapa mandi air dingin baik bagi tubuh.

 

 

2 dari 6 halaman

Memberi Anda Lebih Banyak Energi

Jika secangkir kopi pun kurang mampu untuk membuat Anda bangun di pagi hari, cobalah mandi air dingin.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, mandi dengan air dingin merangsang pelepasan norepinefrin dari sistem saraf simpatis. Norepinefrin adalah neurotransmitter yang meningkatkan energi, mengaktifkan otak Anda, membuat Anda waspada dan meningkatkan kekuatan fokus Anda.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Mood Anda

Selain meningkatkan energi dan kewaspadaan, neurotransmitter yang dilepaskan saat mandi air dingin juga memiliki efek positif pada suasana hati Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses menemukan bukti bahwa mandi dengan air dingin dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan. Mandi air dingin mengirimkan sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf tepi ke otak, yang memiliki efek anti-depresif.

4 dari 6 halaman

Pereda Sakit

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam North American Journal of Medical Sciences, terapi air dingin terbukti dapat mengurangi nyeri dan peradangan. Ini juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk pulih setelah aktivitas fisik.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat ini kami membutuhkan kekebalan yang lebih kuat dari sebelumnya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 2016 di jurnal PLoS One, orang yang mandi air dingin memiliki kemungkinan 29 persen lebih kecil untuk jatuh sakit saat bekerja dan sekolah.

 

(Vania Accalia)

6 dari 6 halaman

Infografis