Sukses

Jangan Resah, Pemerintah Pastikan Vaksin COVID-19 Aman

Pemerintah mengimbau masyarakat agar tak perlu resah soal keamanan dari Vaksin COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Melihat adanya pemberitaan dan informasi simpang siur seputar vaksin COVID-19, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengimbau, masyarakat tak perlu resah dan khawatir. Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 yang akan disuntikkan nanti aman.

"Kami masih mendapati banyak pemberitaan dan informasi simpang siur seputar vaksin. Dalam kesempatan ini, Saya ingin mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir," imbau Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB Jakarta, Kamis (5/11/2020).

"Karena Pemerintah pasti akan menyediakan vaksin COVID-19 yang terbukti aman dan lolos uji klinis serta efektif sesuai rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)."

Wiku menyebut, WHO tetap optimis bahwa para peneliti akan mampu mengembangkan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif. Ada beragam jenis vaksin COVID-19 potensial yang saat ini sedang dikembangkan di berbagai belahan dunia.

"Beberapa vaksin tersebut telah masuk tahapan uji klinis fase 3. Kami mengerti banyak anggota masyarakat yang menaruh harapan terhadap ketersediaan vaksin," kata Wiku.

"Meski demikian, kami tetap mengimbau agar masyarakat tidak semata-mata mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan yang kita miliki terhindar dari COVID-19."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Vaksinasi COVID-19

Pemerintah sedang mengakselerasi persiapan logistik dan sumber daya manusia (SDM) untuk persiapan vaksinasi COVID-19. Pendistribusian vaksin juga akan disesuaikan dengan urutan prioritas, seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya.

Selain itu, peta jalan (roadmap) vaksinasi COVID-19 dalam tahap finalisasi. Roadmap menjadi panduan tahapan vaksinasi.

"Untuk saat ini , fokus dari Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan adalah penyelesaian peta jalan atau roadmap vaksinasi COVID-19. Nantinya, roadmap akan menjadi panduan dalam tahapan vaksinasi, termasuk panduan yang mengatur terkait penerima vaksin, jadwal vaksin, serta alur distribusi vaksin," terang Wiku.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.