Sukses

Penyanyi LeAnn Rimes Berpose Bugil demi Tunjukkan Psoriasis yang Diidapnya Sejak Kecil

Menurut LeAnn, mengungkapkan apa yang telah ia tahan sejak lama sangat melegakan. Maka dengan merayakan hari Psoriasis Sedunia, ia menggunakan kesempatan ini untuk membagikan kisahnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya cover majalah dihiasi para model menawan dengan gaya khasnya, namun kali ini untuk majalah gaya hidup Glamour mengangkat kisah LeAnn Rimes yang menunjukkan gejala psoriasisnya. Menurut LeAnn, mengungkapkan apa yang telah ia tahan sejak lama sangat melegakan. Maka dengan merayakan hari Psoriasis Sedunia, ia menggunakan kesempatan ini untuk membagikan kisahnya.

Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang menyebabkan tubuh memproduksi sel kulit baru dalam hitungan hari, bukan berminggu-minggu, sehingga sel kulit berlebih menumpuk di bercak tebal bersisik yang disebut plak. Menurut National Psiroasis Foundation, kelainan ini mempengaruhi 2-3% dari populasi global dan 8 juta orang Amerika. Seperti yang dijelaskan LeAnn, kondisinya seumur hidup, dan sering bermanifestasi jika dipiju stres, dilansir dari Womenshealthmag.

Bintang musik era 1990-an itu juga membuka diri tentang pengalamannya hidup bersama psoriasis sejak masih anak-anak. "Saya baru berusia dua tahun ketika saya didiagnosis menderita psoriasis. Saat berusia enam tahun, sekitar 80% dari tubuh saya dipenuhi bintik-bintik merah yang menyakitkan, semuanya kecuali tangan, kaki, dan wajah saya," tulis LeAnn.

Saat ia menandatangani kontrak rekaman pertamanya (saat itu masih berusia 11 tahun), tak ada yang membahas tentang psoriasis. Sehingga ia mencoba berbagai metode, misalnya dengan menggunakan krim steroid dan obat lainnya. Namun tak satupun yang berhasil. Jadi kemanapun ia pergi, ia harus mengenakan jeans dan pakaian berlengan panjang selama di atas panggung, bahkan saat cuaca panas sekalipun untuk menutupi bercaknya.

Kemudian saat ia berusia dua puluhan, LeAnn menemukan pengobatan untuk mengontrol kondisi kulit, dan menjalani 16 tahun setelahnya tanpa kambuh hingga kini, tahun 2020. Saat pandemi merebak dan membuat kekacauan di seluruh dunia.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stres memicu psoriasis

Sebagaimana yang dialami sebagian besar orang selama pandemi, yaitu stres, namun bagi LeAnn, stres membuatnya kembali menderita. "Stres adalah pemicu umum untuk psoriasis, dan dengan begitu banyak ketidakpastian yang terjadi, saya kembali kambuh."

Beberapa jam setelah esainya ditayangkan, LeAnn menggunakan Instagram Stories untuk menyapa penggemarnya. "Hai semuanya, saya hanya ingin datang dan mengucapkan terima kasih banyak atas curahan cinta yang luar biasa. Ini merupakan hari yang cukup aktif. Dengan membiarkan diri saya terekspos (tanpa sehelai benang yang menutupi gejala psiriasisnya), saya tahu ada begitu banyak (orang) di luar sana yang berhubungan dengan ini (psoriasis), dan berhubungan dengan saya, dan saya berhubungan dengan Anda dan semua yang Anda alami."

"Itulah alasan utama saya ingin berbagi kisah, karena saya tahu begitu banyak orang yang berjuang dengan psoriasis di antara banyak hal lainnya. Saya ingin berbagi dalam kemanusiaan. Jadi ketahuilah bahwa Anda dicintai dan Anda layak saat saya mengatakan pada diri saya sendiri dengan hal yang sama berulang kali," tulisnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.