Sukses

5 Tips Agar Anak Happy Belajar dari Rumah di Masa Pandemi

Mulailah mengajarkan anak tentang hal yang berkaitan dengan nutrisi, misalnya dengan melakukan kegiatan seru seperti menyiapkan menu makan siang bersama.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencapai perkembangan optimal dengan semua potensi yang dimiliki, anak butuh pendampingan tepat dari orangtua. Di masa pandemi seperti sekarang ini, orangtua pun wajib menjadi guru terbaik untuk anak-anaknya.

Tentunya tidak mudah dan membutuhkan waktu untuk mengajarkan anak tetap duduk, menyimak, dan fokus ke layar gawai di mana gurunya sedang menjelaskan pelajaran. Maka dari itu, orangtua harus punya strategi agar anak tetap nyaman dan happy meski belajar dari rumah.

Ada beberapa tips yang bisa para orangtua terapkan agar anak mau mengikuti pelajaran sekolah meskipun belajar dari rumah, seperti:

1. Bikin Rencana Rutinitas

Membuat daftar rencana rutinitas kegiatan ternyata sangat penting dilakukan oleh orangtua. Caranya, Anda bisa mulai mempertimbangkan kapan waktu bermain dan belajar.

Ada baiknya Anda menggunakan aktivitas sehari-hari sebagai kesempatan belajar bagi anak. Misalnya mengajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah bersama. Dikutip di laman UNICEF ternyata cara ini baik untuk mengembangkan fungsi motorik halus dan kasar anak.

2. Bantu Anak Ungkapkan Perasaannya

Lantaran lama berada di rumah saja, kemungkinan besar rasa bosan kerap muncul dan membuat anak tak nyaman. Nah yang harus diingat bahwa setiap anak mungkin reaksi berbeda terhadap kebosanan.

Jika anak terus menerus mengeluh bosan pastikan Anda berusaha lebih bersabar dan mengerti. Cobalah mulai membicarakan masalah yang dialaminya dan biarkan anak berbicara dengan bebas.

3. Gunakan TV dengan Cerdas

Selama waktu sekolah, Anda dapat menggunakan program TV yang sesuai dengan kurikulum sehingga mereka akan belajar lebih banyak. Di era yang serba maju ini, coba bantu meningkatkan kosa kata anak dalam berbahasa asing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Sertakan Seni

Mulailah untuk meluangkan lebih banyak waktu dengan anak selama di rumah dan lakukan kegiatan seru yang jarang diterimanya di sekolah. Misalnya dengan melakukan proyek kreatif atau menyanyikan lagu-lagu daerah. Sekarang ini, banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi pembelajaran di rumah.

5. Makan Siang adalah Kesempatan Belajar

Waktu belajar anak di sekolah memang berbeda ketika aktivitas itu dilakukan di rumah. Nah sebagai orangtua, Anda dapat menggunakan waktu makan siang untuk belajar.

Ya, mulailah mengajarkan anak tentang hal yang berkaitan dengan nutrisi. Caranya Anda dapat melakukan kegiatan seru seperti menyiapkan menu makan siang bersama. Jadikan momen tersebut sebagai kesempatan belajar yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Di sela-sela persiapan itu, Anda sekaligus dapat meningkatkan suasana hati anak agar makin bahagia dengan memberikan minuman favoritnya. Susu UHT ready to drink (RTD) misalnya yang mengandung nutrisi untuk siap sekolah dan belajar di rumah.

Cobalah memberikan susu UHT kemasan siap minum yang memiliki varian rasa, seperti DANCOW UHT Strawberry dan Chocolate (180ml). DANCOW UHT mengandung nutrisi untuk anak usia pertumbuhan yang memiliki banyak aktivitas, terutama saat memasuki usia sekolah dan cocok untuk menemani sesi belajar di rumah.

Selain itu, DANCOW UHT mengandung Biotin yang bermanfaat membantu pertumbuhan anak serta sumber vitamin A, D, C, B1, B2, B3 dan B6 untuk perlindungannya selama #BelajarDirumahAja. Tak hanya itu saja DANCOW UHT sebagai minuman bergizi on the go yang praktis dibawa dan dikonsumsi dimanapun dan kapanpun.

Oh ya menariknya saat ini lagi ada promo pembelian DANCOW UHT lho di Tokopedia, Blibli, dan Alfamart. Yuk, jadikan #DANCOWUHTTEMANSERU untuk anak di rumah agar belajar lebih nyaman dan happy! 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.