Sukses

Inovasi 3 Provinsi dengan Kesembuhan COVID-19 Tertinggi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Maluku Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Utara termasuk tiga provinsi dengan persentase kesembuhan COVID-19 tertinggi di Indonesia. Data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 20 September 2020 mencatat, ada berbagai upaya inovasi yang menjadi kunci keberhasilan tingkat kesembuhan di tiga provinsi tersebut.

"Provinsi Maluku Utara menduduki persentase kesembuhan tertinggi, yaitu 89,71 persen," terang Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

"Apa yang dilakukan oleh Maluku Utara? Ternyata Maluku Utara melakukan pembagian penanganan pasien COVID-19 sejak awal, yakni gejala ringan di karantina tersentral atau hotel, sedangkan gejala berat di rumah sakit."

Selanjutnya, pemerintah daerah Maluku Utara mendorong pasien COVID-19 untuk menjaga kebugaran fisik dan konsumsi protein yang baik. Maluku Utara juga melakukan pendekatan kearifan lokal.

"Mereka menjunjung slogan, Jaga Torang Pe Diri, Jaga Torang Pe Keluarga, Jaga Torang Pe Daerah," lanjut Wiku.

2 dari 6 halaman

Terapi Pengelolaan Stres di Gorontalo

Di Gorontalo, angka kesembuhan 87,19 persen. Pemerintah daerah di sana melakukan pembedaan penanganan pasien dengan gejala ringan dan berat. Mereka melakukan pemberian penambahan vitamin pada pasien positif COVID-19 di rumah sakit.

"Selanjutnya, Gorontalo melakukan terapi pengelolaan stres dan olahraga pada pasien positif COVID-19 di rumah sakit," tambah Wiku.

"Ada juga upaya memberdayakan masyarakat hingga tingkat desa dengan membentuk Desa Tangguh COVID-19 serta memantau pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri."

3 dari 6 halaman

Peningkatan Laboratorium di Kalimantan Utara

Kalimantan Utara memiliki tingkat kesembuhan 86,09 persen. Upaya yang dilakukan pemerintah daerah Kalimantan Utara berupa penguatan kapasitas pemeriksaan.

"Sehingga kasus COVID-19 dapat ditangani sejak dini. Mereka juga melakukan peningkatan jumlah laboratorium pemeriksaan dan dukungan pengadaan alat tes cepat molekuler dari provinsi," terang Wiku.

Di Kalimantan Utara, upaya mendisiplinkan protokol kesehatan terus ditegakkan. Ini menjaga usia rentan dan penderita komorbid untuk tidak terkena COVID-19 yang mengakibatkan lebih banyak pasien tanpa gejala dan gejala ringan.

4 dari 6 halaman

Belajar dari Inovasi 3 Provinsi

Sejumlah upaya dari Maluku Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Utara merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, sehingga ketiga provinsi memiliki persentase kesembuhan COVID-19 yang tinggi.

Wiku pun mengajak pemerintah provinsi dan daerah lain belajar upaya pengendalian COVID-19 dari tiga provinsi di atas.

"Kami mengajak kepada pemerintah provinsi dan daerah lainnya agar mengikuti beberapa inovasi yang telah ditunjukkan oleh tiga provinsi ini. Ya, supaya (kasus COVID-19) Indonesia, kondisinya makin banyak yang sembuh dan kita bisa terbebas dari COVID-19," ujarnya.

5 dari 6 halaman

Infografis Pasien 01, 02, 03 Sembuh dari Corona

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: