Sukses

5 Bulan Bekerja, Doni Monardo Ajak Seluruh Relawan COVID-19 Jaga Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Sudah lima bulan para relawan COVID-19, yang terdiri atas tenaga medis dan non medis bekerja. Mereka turut andil dalam penanganan COVID-19, salah satunya berfokus pada pencegahan.

Penanganan tersebut tidak terlepas dari peran relawan COVID-19 yang dikoordinasikan Andre Rahadian.

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo pun berpesan agar relawan menjaga kesehatan. Apalagi penanganan pandemi COVID-19 belum dapat diketahui waktu berakhirnya. 

“Seluruh relawan, jaga kesehatan! Kita tidak tahu kapan (COVID-19) ini akan berakhir,” pesan Doni saat mengunjungi relawan yang sedang bekerja di Hotel Media, Jakarta, ditulis Minggu (9/8/2020).

Doni mengingatkan, para relawan COVID-19 meningatkan daya tahan tubuh dengan makan yang cukup. Selain itu, tidak lupa berdoa sehingga dalam bekerja para relawan diberikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Bisa mengibur diri dengan teman-teman. Dan jangan panik,” imbuhnya sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Wujud Memutus Rantai Penularan COVID-19

Penanganan COVID-19 di Tanah Air sangat terbantu dengan dukungan penuh para relawan yang tersebar di seluruh wilayah. Data Tim Koordinator Relawan COVID-19 per 7 Agustus 2020, jumlah total mencapai 31.335 orang.

Rinciannya, yakni relawan medis dan tenaga kesehatan 7.429 orang dan non medis 23.906 orang. Total jumlah tersebut belum termasuk 15.003 relawan yang mendaftar melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengapresiasi para relawan yang bekerja di tingkat nasional maupun daerah.

Bahwa hal ini sebagai wujud pentaheliks--kolaborasi seluruh pihak--yang menjadi kekuatan dalam melawan dan memutus rantai penularan COVID-19.

Di sisi lain, Doni juga menginisiasi pelaksanaan pembagian masker disertai edukasi oleh para relawan COVID-19 di Jakarta Pusat. Ia memberikan penghargaan kepada relawan yang sudah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: