Sukses

4 Kegunaan Lain Pakai Masker Saat Olahraga di Luar Rumah

Pandemi COVID-19 belum berakhir sehingga penting pakai masker saat olahraga di area terbuka

Liputan6.com, Jakarta - Para pakar tak bosan-bosannya mengingatkan kita agar tidak lupa pakai masker saat harus berolahraga di luar rumah.

Bagaimana juga masker berguna melindungi diri kita dari paparan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang bisa saja ditularkan orang lain yang kita temui saat sedang olahraga.

"Atau sebaliknya, mencegah orang lain terinfeksi dari kita," kata dokter spesialis kedokteran olahraga dari Slim + Health Sports Therapy, Michael Triangto.

Bisa saja tanpa kita sadari sudah ada COVID-19 di dalam tubuh kita atau orang tanpa gejala (OTG).

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain dari Masker yang Dipakai Saat Berolahraga atau Berakvitas

Tidak hanya itu, masker punya kegunaan lain di saat kita olahraga di luar rumah, di antaranya:

1. Pengukur intensitas latihan

Menurut Michael, apabila kita merasa sesak saat berolahraga dengan menggunakan masker, itu menandakan intensitas latihan yang kita lakukan sudah memasuki intensitas berat.

"Turunkan intensitasnya, bukan maskernya," katanya.

2. Pengingat

"Saat kita harus menggunakan masker, hal itu menandakan bahwa keadaan di luar masih belum aman bagi kesehatan kita," kata Michael.

3. Tanggung jawab sosial

Bila kita menggunakan masker, lanjut Michael, itu berarti kita adalah orang yang bertanggung jawab. Tidak hanya terhadap diri sendiri, tapi juga keluarga dan masyarakat.

4. Monitor kesehatan

"Menggunakan masker dan merasa sesak napas meski tidak berolahraga? Itu bisa jadi tanda kemungkinan adanya gangguan pada sistem pernapasan kita," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.