Sukses

10 Pilihan Sehat di Masa Pandemi Corona COVID-19, Sudahkah Anda Terapkan?

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu ingin selamat, terhindari dari penularan COVID-19. Namun, pilihan ada di tangan masing-masing. Anda termasuk yang mana, memilih ingin selamat atau sebaliknya?

David Susman, Ph.D., seorang psikolog klinis, penasihat kesehatan mental dan Asisten Profesor Psikologi di University of Kentucky mengatakan semua orang bisa membuat beberapa pilihan sederhana dan efektif untuk menjaga diri dan orang lain tetap sehat.

"Dengan membuat pilihan ini, kita dapat membatasi penularan virus dan meratakan kurva untuk memperlambat pandemi," kata Susman dikutip dari Psychology Today.

Sayangnya, kata Susman, tidak semua orang membuat pilihan terbaik. Ini bisa disebabkan kurangnya informasi yang akurat, tidak mengakui situasi yang serius, tidak berkomitmen dalam mengambil tindakan yang tepat, atau dalam beberapa kasus, kecerobohan atau mengabaikan langsung kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta orang lain.

"Saya yakin jika semua orang membuat pilihan sederhana ini, kita dapat lebih cepat mengalahkan pandemi ini dan menjaga diri kita dan orang yang kita cintai tetap aman dan sehat. Mari kita lakukan bersama," jelasnya.

Pilihan apa saja yang tersedia di masa pandemi COVID-19 ini? Susman merincinya dalam 10 pilihan sehat yang paling penting untuk menjaga diri kita dan orang lain tetap aman:

 

2 dari 6 halaman

Pakai Masker

1. Pakai masker

Susman menjelaskan mengenakan masker saat Anda berada di sekitar orang lain atau di ruang publik dapat sangat mengurangi penularan virus, melindungi Anda dan orang lain.

2. Cuci tangan

Cuci tangan sesering mungkin, dan setiap kali Anda dari keluar di tempat umum. Gunakan sabun dan air atau pembersih tangan apabila tak tersedia sabun dan air. Jangan menyentuh wajah dan tutupi mulut ketika batuk dan bersin.

 

3 dari 6 halaman

Bersihkan Permukaan Benda di Rumah

3. Bersihkan dan disinfeksi permukaan

Bersihkan permukaan yang sering disentuh secara teratur. Misalnya saja sakelar lampu, kenop pintu, atau di dalam mobil. Cobalah menggunakan desinfektan yang membunuh virus dan bakteri. 

4. Jaga jarak fisik

Pertahankan setidaknya 6 kaki (8 kaki bahkan lebih baik) antara Anda dan orang lain, bahkan jika Anda sudah mengenakan masker.

4 dari 6 halaman

Jaga Jarak Sosial

5. Hindari tampat ramai

Susman bilang, pada masa ini bukan saatnya untuk pergi ke pantai yang ramai, bar, atau pertemuan besar. Menjauhlah

6. Lindungi individu yang rentan

Susman mengingatkan bahwa kita tak tahu apakah terinfeksi. "Anggaplah Anda terinfeksi dan jangan mengorbankan orang yang rentan terhadap risiko penyakit atau kematian," ujarnya.

5 dari 6 halaman

Lakukan Tes

7. Tes

Pantau diri Anda dengan kemungkinan gejala dan lakukan tes sehingga akan tahu apakah Anda terinfeksi dan menularkan atau tidak.

8. Membantu orang lain

Orang-orang pada masa pandemi tak hanya berjuang melawan virus, tapi juga berjuang di tengah tekanan finansial, kesedihan dan kehilangan, tantangan kesehatan mental, kelelahan dalam pengasuhan, dan isolasi sosial.

"Tanyakan kepada orang-orang yang Anda sayangi tentang bagaimana Anda dapat membantu mereka," kata Susman.

6 dari 6 halaman

Mencari Informasi Terpercaya

9. Mencari informasi yang dapat dipercaya

Pada masa pendemi, sangat penting untuk tetap mendapat informasi. Kunjungi sumber terpercaya seperti CDC, WHO, situs web pemerintah daerah dan media berita terkemuka untuk tetap mengikuti pedoman dan pembaruan terkini.

10. Jadilah contoh

Tunjukkan kepada orang lain dengan kata-kata, sikap, dan perilaku bahwa Anda berkomitmen untuk melakukan hal yang benar untuk menjaga diri, teman, dan keluarga.