Sukses

3 Poin Utama Pelaksanaan Kurban di Masa Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian drh. Syamsul Ma’arif, M.Si menyebut 3 fokus yang diatur dalam pelaksanaan kurban pada Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19.

“Intinya kita mengatur 3 fokus. Pertama proses memilih atau menjual, kemudian memotong, sampai proses pendistribusian, semua mengikuti protokol kesehatan,” ujar Syamsul dalam konferensi pers BNPB, Selasa (28/7/2020).

Ia menambahkan, proses jual beli hewan kurban disarankan melalui daring guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

“Ini sudah disosialisasikan dengan pihak sistem penjualan daring, tapi ini sifatnya imbauan bukan berarti melarang untuk membeli langsung.”

Jika pembelian dilakukan secara langsung, Syamsul mengimbau penjual dan pembeli untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) dan mematuhi semua protokol.

Tempat penjualan pun sebaiknya dilaporkan dulu kepada dinas terkait di daerah masing masing untuk menanyakan kelayakan dan keamanan tempat yang dipilih setidaknya 10 hari sebelum dibuat lapak.

Selain tempat, keadaan sapi pun perlu dilaporkan ke dinas yang membidangi kesehatan hewan. Dengan demikian, hewan dapat diperiksa sebelum dan sesudah disembelih.

“Terkait tempat pemotongan hewan kami sarankan untuk dilakukan di rumah pemotongan terutama di zona merah. Tapi di Indonesia hanya ada 555 rumah pemotongan sedangkan jumlah hewan kurban tahun kemarin pun mencapai 1.868.000 ekor.”

2 dari 3 halaman

Pembagian Tugas

Dalam pelaksanaan penyembelihan, alat yang digunakan tidak boleh dipakai oleh banyak orang. Satu alat satu orang.

“Pastikan ada pembagian tugas, yang menyembelih beda dengan yang mendistribusikan. Pembagian waktu tugas pagi, siang, sore pun bisa dilakukan jika hewan yang disembelih banyak.

“Distribusi daging bisa dilakukan tanpa menunggu paket dagingnya menumpuk. Walau baru ada 10 paket daging langsung saja distribusikan oleh panitia agar daging dalam keadaan segar.”

Terakhir, setelah melakukan rangkaian kegiatan ini, masyarakat diimbau untuk membersihkan badan, mandi, dan mengganti pakaian.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: