Sukses

Tips Menyimpan Buah dan Sayur agar Tetap Segar di Kulkas

Anda perlu tahu apa yang dapat Anda simpan dalam waktu lama dan cara menyimpannya, termasuk dimana itu disimpan.

Liputan6.com, Jakarta - Masih takut keluar rumah terlalu sering tapi persediaan makanan menipis? Atau mungkin Anda pernah mengalami bahan makanan yang disimpan membusuk, padahal sudah dimasukkan ke dalam kulkas.

Anda perlu tahu makanan apa yang dapat disimpan dalam waktu lama dan cara menyimpannya. Termasuk dimana makanan tersebut disimpan.

Asisten pengujian dapur BA, Gaby Melian yang pernah bekerja sebagai penyelia produk di departemen pembelian Institute of Culinary Education sekaligus pengawas produk di dapur memberi tips untuk mempertahankan makanan tetap awet dan segar.

Berikut ini lima tips terbaik dalam memilih dan menyimpan sayuran dan buah-buahan, dilansir dari laman Bonappetit

1. Luangkan waktu saat memilih produk

Anda harus memilih produk yang baik. Jika Anda membawa pulang apel yang buruk atau seikat kangkung yang layu, kulkas jenis apapun tidak akan mampu menyelamatkannya.

2. Pilih sayuran berakar

Wortel, bit, lobak, dan sebagainya merupakan jenis sayuran akar. Jenis ini akan bertahan lebih lama (1-2 minggu) di kulkas, kata Melian. Asalkan Anda membelinya dalam keadaan segar.

Setelah membeli, potong bagian akar atau bagian pangkalnya untuk mencegah sayuran lembap yang berasal dari akarnya. Karena kelembaban dapat mempercepat pembusukan. Kecuali, daun bawang dan asparagus, yang dapat Anda tanam dengan ujung akar terendam sekitar satu inci.

Simpan sayuran polong dan labu kecil seperti zukini dalam tempat yang bisa dibuka-tutup, dan simpan sayuran akar seperti wortel di dalam kantong plastik tertutup.

Ubi jalar dan labu juga bertahan selama beberapa minggu dan tidak memerlukan kulkas. Simpan saja di tempat yang tidak terkena sinar matahari, tapi jangan lupakan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Untuk sayuran hijau, pilih yang kokoh

Selada terkenal rapuh, tetapi sayuran hijau seperti kale bisa tetap segar selama sekitar satu minggu jika disimpan dengan benar.

Sebaiknya juga melepas ikatannya, karena menekan daunnya. Dan ketika menyimpannya di dalam plastik, lepaskan ikatannya agar sayuran bisa bernapas, saran Melian.

4. Simpan bumbu dapur atau rempah-rempah dengan hati-hati

Kunci penyimpanannya adalah menyimpannya di tempat yang tertutup rapat. Penting juga menghilangkan kelembapannya dengan menyerapnya menggunakan tisu. Setelah dirasa cukup kering, simpan di tempat yang tertutup rapat. Kupas kulitnya hanya jika ingin menggunakannya saja untuk menjaga kesegarannya.

5. Pilih buah yang tahan lama

Buah jeruk dan apel dapat bertahan di kulkas selama setidaknya beberapa minggu. Pastikan buah yang Anda pilih bebas dari noda, terutama saat membeli dalam jumlah besar. Bahkan jika ada satu apel yang buruk di dalamnya, itu akan merusak seluruh apel di sekitarnya.

Itu karena buah apel mengeluarkan gas etilen saat matang, yang mendorong semua apel di sekitarnya juga menjadi matang.

Berdasarkan efek pematangan ini, maka sebaiknya Anda tidak menyimpan buah yang cepat matang dekat-dekat dengan buah lainnya.

Jika kulkas Anda tidak cukup luas untuk memisahkannya, Anda bisa menggunakan laci untuk menyimpan barang-barang yang lembut.

Sehingga, kulkas Anda yang terorganisir akan terlihat cantik nan memiliki makanan segar yang lezat.

3 dari 3 halaman

Infografis Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.