Sukses

Kurang Vitamin D Pengaruhi Mood Selama COVID-19?

Selama pandemi COVID-19 banyak orang tanpa sadar merasa gelisah dan mudah berubah mood. Seorang ahli menyatakan hal ini ternyata berhubungan dengan kekurangan vitamin D.

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi COVID-19 banyak orang tanpa sadar merasa gelisah dan mudah berubah mood. Seorang ahli menyatakan hal ini ternyata berhubungan dengan kekurangan vitamin D.

"Saya pikir sejumlah orang mengalami depresi atau suasana hati yang berbeda karena isolasi sosial dan kekurangan vitamin D. Saya percaya itu adalah kombinasi dari kedua faktor," kata Sue Penckofer, PhD, RN, rekan dekan sekolah pascasarjana di Loyola University Chicago , yang ikut menulis banyak penelitian tentang vitamin D dan suasana hati seseorang.

Menurut Penckofer, kebanyakan orang mendapatkan vitamin D yang mereka butuhkan berkat sinar matahari. "Kita tahu bahwa ketika matahari mengenai kulit, ada sintesis yang menyebabkan tubuh Anda menghasilkan vitamin," katanya.

Juga, beberapa makanan, seperti telur dan salmon, mengandung vitamin D, menurut Cleveland Clinic, tetapi suplemen dapat membantu meningkatkan level Anda lebih lanjut.

Tetapi dengan imbauan jarak sosial, kita cenderung tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang biasa kita lakukan di tahun ini. Dan itu, berpotensi, bisa berarti menurunkan tingkat vitamin D dan suasana hati yang rendah juga, kata Penckofer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian lebih lanjut

Jadi para peneliti telah mempelajari hubungan antara vitamin D dan mood selama beberapa dekade, meskipun masih ada pertanyaan. "Orang-orang yang memiliki vitamin D rendah lebih cenderung merasa pesimis atau kurang berpikiran positif. Pada titik ini kita mungkin tidak sepenuhnya memahami hubungan dan mekanismenya, tetapi bukti dari hal tersebut pasti ada," kata Maria Choukri, PhD, seorang dosen senior di Ara Institute of Canterbury di Selandia Baru, yang meneliti vitamin D.

Inilah yang diketahui oleh para ahli: "Vitamin D rendah dan depresi telah dikaitkan dengan peradangan, jadi ada kemungkinan bahwa alasan yang mendasarinya berkaitan dengan peradangan," kata Dr. Chourki.

Vitamin D juga memengaruhi jalur serotonin, kata Penckofer. Hormon ini melakukan segalanya mulai dari mengatur mood hingga tidur, dan nafsu makan hingga keterampilan motorik, hanya untuk beberapa fungsi, menurut Stanford University.

"Vitamin D penting untuk membantu enzim yang membuat serotonin (hormon bahagia). Ketika levelnya rendah, Anda tidak menghasilkan serotonin sebanyak itu," tambah James Greenblatt, MD, kepala petugas medis di Walden Behavioral Care di Waltham, Massachusetts, dan asisten profesor klinis psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Tufts di Boston.

Bagaimana dengan suplemen vitamin D?

Penckofer menulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada bulan September 2017 di Journal of Diabetes Research yang menemukan bahwa suplemen vitamin D meningkatkan mood wanita dengan diabetes tipe 2, yang merupakan kelompok yang berisiko tinggi depresi, catatan Mayo Clinic. 

"Entah itu karena depresi, orang yang menderita diabetes cenderung kurang mendapatkan sinar matahari, atau olahraga di luar ruangan, dan kesempatan untuk bersosialisasi yang merupakan faktor dalam mempengaruhi suasana hati, kata Penckofer.

Meski begitu, tidak setiap penelitian menunjukkan vitamin D adalah obat penenang suasana hati. Salah satu studi Choukri, yang diterbitkan pada Agustus 2018 di Journal of Nutritional Science, menemukan bahwa suplemen vitamin D pada wanita sehat tidak memberikan manfaat apa pun secara psikologis.

"Dalam studi ini kami melihat, status Vitamin D, pola makan dan kebiasaan gaya hidup, dan mood saling berhubungan suasana hati. Vitamin D yang rendah dapat memicu suasana hati yang rendah, membuatnya lebih sulit untuk tidur, makan dengan baik, dan berolahraga secara teratur, kata Choukri. 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Tips untuk Memilih Suplemen Vitamin D

Anjuran bervariasi, tetapi menurut James Greenblatt, MD, chief medical officer di Walden Behavioral Care, Waltham, Massachusetts, dan asisten profesor klinis psikiatri di Tufts University School of Medicine, Boston, Anda dapat dengan aman mengonsumsi 1.000 hingga 2.000 IU vitamin D per hari.

Pedoman dari NIH juga menyarankan bahwa untuk meningkatkan kadar vitamin, setidaknya 1.500 hingga 2.000 IU suplemen vitamin D per hari mungkin diperlukan pada orang dewasa.

Memilih suplemen vitamin D yang aman dan efektif itu rumit. “Sebagian besar vitamin tidak disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) sehingga sulit untuk memberikan panduan, "kata Penckofer.

Sementara suplemen vitamin D tidak di bawah pengawasan yang sama dengan obat tradisional, sejauh peraturan FDA berlaku. Meski begitu, dia mengatakan jika dokter Anda meminta Anda mengonsumsi dosis tinggi, ia kemungkinan akan memberi tahu merek apa yang direkomendasikan dalam praktik medis.

"Di sisi lain, waspadai suplemen vitamin D berlebihan karena Anda bisa memiliki kalsium terlalu tinggi dalam darah, yang dapat merusak kesehatan ginjal dan jantung Anda," kata Penckofer. Dan menurut Mayo Clinic, keracunan vitamin D dapat menyebabkan mual, muntah, lemah, dan bahkan sering buang air kecil, catat NIH.

Bersamaan dengan suplementasi, Anda juga kemungkinan akan mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk mencari sinar matahari. "Paparan sinar matahari akan membantu," kata Greenblatt. Menurut NIH, sekitar 10 hingga 15 menit per hari sinar matahari langsung (tanpa tabir surya dan tidak melalui jendela atau layar) pada lengan, wajah, atau punggung tangan Anda, mungkin sudah cukup.

Wynns menambahkan, "Rekomendasi nomor satu saya adalah keluar rumah dan berolahraga di alam, karena penelitian tentang olahraga, sinar matahari, alam, dan suasana hati - itu adalah trifecta.

Sebuah artikel yang diterbitkan pada Juni 2017 di Frontiers in Psychology mengutip banyak penelitian yang menunjukkan berolahraga di luar ruangan dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Namun, jika Anda akan berolahraga di luar rumah selama pandemi COVID-19, pastikan untuk mengikuti rekomendasi jarak sosial dan mengenakan topeng kain jika Anda bisa, seperti yang direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini