Sukses

Pegiat Lari Melanie Putria Tak Sarankan Lari Sambil Pakai Masker, Tapi...

Presenter dan pegiat lari Melanie Putra merekomendasikan orang untuk tidak menggunakan masker saat berlari, tapi tetap membawanya

Liputan6.com, Jakarta Presenter yang juga pegiat olahraga lari Melanie Putria menganjurkan agar seseorang untuk tidak melakukan lari sambil menggunakan masker.

Walaupun begitu, dia meminta agar masker tetap dibawa untuk digunakan saat-saat tertentu ketika sedang olahraga lari. Hal ini juga demi mencegah penularan COVID-19 ketika beraktivitas lari.

"Boleh olahraga di luar tapi aturannya diperhatikan," kata Melanie dalam siaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada Minggu (7/6/2020).

"Kalau teman-teman sedang berlari, saya selalu menganjurkan untuk dicopot dulu maskernya ketika menjalankan programnya, tapi harus dibawa, tetap wajib dibawa. Ketika masuk program, tidak usah dipakai," kata Puteri Indonesia 2002 itu menambahkan.

Melanie mengatakan, ada beberapa risiko yang bisa terjadi apabila seseorang menggunakan masker sambil berlari. Terutama, bagi mereka yang memiliki masalah jantung bawaan atau penyakit pernapasan namun tak sadar akan kondisinya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipakai di Saat-Saat Tertentu

Melanie mengatakan, risiko berlari mengenakan masker bisa muncul bagi mereka dengan kondisi semacam itu atau tidak pernah berolahraga namun memaksakan kegiatan tersebut.

"Bisa kena hipoksia misalnya, kekurangan oksigen tubuhnya. Karena ketika kita bernapas itu kan memang kita mengeluarkan karbon dioksidan dan menghirup oksigen," ujarnya.

"Ketika hidung dan mulut kita tertutup, oksigen kita kurang. Padahal saat kita berlari, kita butuh oksigen dua kali lipat, nah itu celaka."

Walau begitu, Melanie mengatakan ketika sudah selesai berlari, gunakan kembali masker yang dibawa. Selain itu, ada situasi tertentu di mana masker harus digunakan.

"Ketika sudah selesai tolong dipakai lagi, ketika berpapasan dengan orang tolong dipakai, ketika harus melewati kerumunan atau keramaian tolong dipakai," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.