Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Tips Jitu Bercinta untuk Pasangan dengan Gairah Berbeda

Selama masa karantina, mungkin akan ada perbedaan dorongan seks baik yang tinggal bersama pasangan atau bagi yang LDR.

Liputan6.com, Jakarta Selama masa karantina, mungkin akan ada perbedaan dorongan seks, baik yang tinggal bersama pasangan atau bagi yang LDR. Anda mungkin merasa lebih bergairah karena memiliki banyak waktu luang, tapi lain halnya dengan pasangan Anda yang mungkin tidak ada pikiran kesana sama sekali.

Untuk itu, ada beberapa tips bagi Anda yang memiliki persepsi seks berbeda dengan pasangan Anda, dilansir dari Buzzfeed.

1. Jangan memaksakan diri jika Anda tiba-tiba kehilangan minat seks

"Dorongan seks yang menurun dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk fisik, psikologis, fisiologis dan relasional," kata Antonia Hall, seorang psikolog dan pakar seks dan hubungan. Kasus global sebesar ini belum pernah terjadi sebelumnya, jadi wajar jika beberapa dari kita mengalami stres. Bahkan jika Anda merasa yakin baik-baik saja, masih ada aspek lainnya yang menurunkan gairah bercinta.

2. Jangan memaksa pasangan jika ia tidak ingin melakukannya

Pemaksaan seksual sama sekali tidak memiliki tempat dalam hubungan yang sehat. Apalagi jika Anda mengatakan hal yang meembuat pasangan Anda merasa bersalah atau merasa seperti berhutang pada Anda. Keduanya justru tidak akan meningkatkan gairah bercinta nya.

Tentu saja Anda bisa merasa frustasi jika tidak diinginkan, tapi itulah sebabnya Anda harus menahan diri.

"Dorongan seks bergantung pada lebih dari sekadar rangsangan seksual. Seseorang biasanya perlu merasa aman, aman, dan tenang untuk sepenuhnya siap bercinta" ujar Hall.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jujurlah tentang perasaan Anda, tanpa saling menyalahkan

Diskusikan hal ini dengan pasangan, mungkin akan membantu menghilangkan stresnya sekaligus mempererat hubungan kalian dalam jangka panjang.

Saat mendiskusikan hal ini, Hall menyarankan untuk memilih ruang yang bersifat privasi tapi bukan kamar tidur juga. Sehingga tidak ada gangguan di tengah-tengah pembicaraan. Gunakan pernyataan "saya merasa..." dibandingkan "Anda membuat saya..." dan tetap fokus pada mencari solusi.

4. Cari waktu lain

Mungkin selain menonton film bersama, Anda juga bisa melakukan aktivitas bersama lainnya. Itu karena meskipun kalian bersama, kegiatan menonton terlalu lama atau terlalu banyak bisa meningkatkan kekakuan diri, bahkan bisa membuat orang lain merasa terputus dengan hubungan antar-manusia. Cobalah sesekali diselingi memasak atau senam bersama. Perubahan kecil bisa memberi dampak besar bagi hubungan Anda.

5. Urusi sendiri dulu

"Masturbasi adalah cara terbaik untuk menghilangkan tekanan pada orang lain yang lebih rendah gairah seksualnya, sekaligus mengurangi frustasi bagi orang dengan gairah seksual yang tinggi," kata Hall.

Hal yang sama berlaku bagi orang yang memiliki dorongan seks yang rendah. Penting bagi pasangan memahami kebutuhan waktu solo.

6. Evaluasi kembali jadwal harian Anda

Bagi sebagian orang, saat seperti ini menjadi waktu tersibuknya. Terutama jika perusahaan mengurangi jumlah pekerja dan pekerjaan tersebut ditimpakan pada Anda. Belum lagi mengurusi anak, hewan peliharaan, atau meeting yang tampaknya tak ada habisnya, bisa membuat Anda kehilangan gairah bercinta.

"Menjadwalkan urusan seks mungkin terkesan tidak romantis, tapi itu bisa menjadi solusi yang bagus bagi banyak pasangan ketika tingkat energi tidak cocok," ujar Hall. Saling memberi ide tentang kapan dan dimana Anda melakukannya bersama pasangan juga bisa meningkatkan gairah.

7. Buat satu sama lain merasa senang ketika bercinta

Hall berkata agar jangan pernah meremehkan penghargaan yang tulus kepada pasangan. Berterima kasihlah kepada pasangan karena mendukung Anda, baik saat sedih maupun senang. Puji pasangan segala hal yang membuatnya merasa insecure. Misalnya ia tidak suka telinganya, buatlah ia merasa percaya diri pada apa yang ada didirinya.

Yang terpenting adalah perasaan dekat satu sama lain. Tanpanya, akan sulit untuk memiliki hubungan seksual yang baik sejak awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini