Sukses

7 Menu Sahur yang Bikin Tubuh Berenergi Selama Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Banyak riset yang menunjukkan manfaat puasa bagi kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, seseorang harus melakukannya secara tepat, yakni dengan memerhatikan asupan gizi ketika sahur dan berbuka.

Dengan memilih menu sahur yang tepat, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Beberapa makanan super menghadirkan rasa kenyang lebih lama dan merilis energi secara perlahan.

Melansir laman Gulf News, berikut daftar menu sahur yang akan memberi Anda energi sepanjang hari.

1. Telur

Bukan rahasia lagi bahwa telur kaya akan nutrisi dan tinggi protein. Mengonsumsi telur adalah salah satu cara kenyang lebih lama. Kelebihan lainnya, telur memiliki cita rasa lezat. Menu sahur telur orak-arik (scramble eggs) yang dicampur bayam dan keju feta dan tortilla gandum cocok jadi menu sahur yang unik.

 

2 dari 4 halaman

Alpukat

2. Alpukat

Alpukat juga cocok dimasukkan ke dalam menu sahur karena memiliki kandungan serat tinggi. Alpukat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga energi tubuh dilepaskan perlahan.

3. Bekatul

Selain alpukat, bekatul juga memiliki serat tinggi. Anda bisa mencoba mengolah bekatul menjadi berbagai sajian, salah satunya muffin. Kue yang biasa dijadikan menu sarapan di luar negeri ini juga cocok dikonsumsi saat sahur.

3 dari 4 halaman

Greek Yogurt

4. Selai almond

Siapa tak suka selai almond? Tak hanya gurih, selai almond mengandung vitamin E, memiliki kadar kolesterol rendah, baik untuk jantung, dan kaya nutrisi.

Para peneliti dari University of Massachusetts Medical School Amerika Serikat merekomendasikan almond sebagai salah satu kacang-kacangan yang wajib ada dalam menu diet.

5. Greek Yoghurt

Greek yoghurt memiliki kandungan protein dua kali lipat dibandingkan yoghurt biasa. Jenis yoghurt ini juga kaya akan probiotik dan rendah karbohidrat. Hal itu akan membuat seseorang tidak cepat haus saat mengonsumsinya.

4 dari 4 halaman

Salmon Asap

6. Salmon asap

Salmon adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan otak.

7. Selai kacang

Selai kacang memiliki tekstur yang creamy dan lezat, tinggi protein dan membuat kenyang lebih lama. Minyak yang terdapat dalam selai kacang bisa membantu menurunkan berat badan dan bisa dikonsumsi diabetesi.