Sukses

Masa Inkubasi Virus di Indonesia 5-6 Hari, Apa Artinya?

Liputan6.com, Jakarta Kita ketahui, selama ini penelitian menyebut masa inkubasi atau waktu antara seseorang terpapar virus Corona hingga gejala awal muncul biasanya 14 hari.

Namun, Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Covid-19 menyebut, masa inkubasi di Tanah Air agak berbeda dengan negara lain.

"Masa inkubasi Covid-19 kita ketahui terlama hingga 14 hari. Tapi rata-rata inkubasi di negara kita kisaran 5-6 hari," katanya, saat konferensi pers, Jumat (10/4/2020).

Menurut Yurianto, ini artinya seseorang yang terindikasi positif Corona terinfeksi 5-6 hari lalu. Sehingga penambahan kasus COVID-19 per hari yang terjadi di Indonesia menunjukkan apa yang terjadi 5 hari lalu.

Laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut masa inkubasi untuk Covid-19 sebagian besar memang antara 1-14 hari, tapi paling umum terjadi sekitar lima hari.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelitian di AS

Nicholas Reich, associate professor di School of Public Health and Health Sciences dan peneliti postdoctoral Thomas McAndrew, telah melakukan survei mingguan yang diikuti lebih dari 20 peneliti pemodelan penyakit menular untuk menilai masa inkubasi di AS.

Para peneliti dan ahli pemodelan ini menjelaskan dan memahami dinamika penyakit menular dan implikasi kebijakan terkait dalam populasi manusia.

Dalam studi yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine ini, para ahli menghitung bahwa median masa inkubasi COVID-19 hanya berkisar lima hari atau lebih. Namun di Amerika, median berkisar 11,5 hari. "Ini berarti, 97,5 persen orang yang mengalami gejala telah terinfeksi sejak 11,5 hari sebelumnya," katanya.

Masa inkubasi mengacu pada waktu antara pajanan virus dan munculnya gejala pertama, seperti batuk kering, demam atau sesak napas.

Para peneliti memeriksa 181 kasus dan mengidentifikasi periode inkubasi COVID-19. Mereka menyimpulkan bahwa periode pemantauan aktif saat ini yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, CDC, adalah 14 hari.