Sukses

PWI: Wartawan Harus Utamakan Kesehatan dalam Peliputan Covid-19

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari mengingatkan seluruh wartawan untuk mengutamakan kesehatan, terutama saat peliputan virus corona (Covid-19).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari mengingatkan seluruh wartawan untuk mengutamakan kesehatan, terutama saat peliputan virus corona (Covid-19).

"Kami berharap tidak ada wartawan yang meliput tanpa protokol kesehatan. Karena masih ada temen-temen yang bergerombol dan abai untuk social distancing. Begitu juga di daerah, temen-temen harus mengutamakan kesehatan," katanya, saat konferensi pers, Jumat (10/4/2020).

Atal menuturkan, beberapa perwakilan media juga tetap perlu mengikuti anjuran pemerintah dalam meliput sesuai protokol Covid-19.

"Perwakilannya tidak ada lagi di lapangan. Tapi ada banyak metode yang kita bisa gunakan, seperti HP," katanya.

Untuk beberapa wartawan yang positif Covid-19, Atal menyampaikan harapannya untuk kesembuhan mereka, termasuk juga pasien lain yang kini sedang dirawat.

"Kita harus mengingatkan diri kita. Lebih disiplin lagi dan komit dengan physical distancing. Saya harap perusahaan media juga dapat mengontrol wartawan agar mereka dibekali sebelum meliput," katanya.

Di kesempatan yang sama, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo juga mengingatkan soal komitmen terkait pelaksaan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

"Disiplin kolektif lebih penting. Saling mengingatkan untuk menjaga jarak dan menghindari bagian wajah, hidung, mata, hidung dan mulut. Serta menjaga penggunaan masker untuk memutus rantai penularan Covid-19," pungkasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini