Sukses

Saksikan Livestreaming: Terkena COVID-19, Namun Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta Kepala Cardiac Center Bethsaida Hospitals dr Dasaad Mulijono MBBS (Hons), FIHA, FIMSANZ, FRACGP, FRACP, PhD memberikan tips kepada masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi COVID-19. Ia mengatakan, pasien positif corona memiliki peluang sembuh 80 hingga 90 persen.

“Yang kena COVID-19 jangan terlalu takut karena 80 sampai 90 persen akan sembuh dan nantinya membentuk kekebalan tubuh sehingga enggak terkena lagi, kasus yang terkena lagi sangat sedikit,” ujarnya.

Ia menambahkan, hal yang perlu dikhawatirkan adalah ketika pasien corona keadaannya memburuk karena ada reaksi kimia yang disebut badai sitokin.

“Dari penelitian yang sudah ada dari kasus yang sudah terjadi di China, ini disebabkan oleh berbagai hal. Pertama karena penderita tidak makan makanan sehat.”

Ada dugaan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan organik atau plant base diet memiliki risiko yang sangat kecil mengalami badai sitokin. Menurut penelitian di China, belum ada orang yang rajin konsumsi plant base diet yang meninggal atau dirawat karena corona.

Dasaad menambahkan, badai sitokin juga dapat dipicu pengobatan yang salah. “Jangan sok jago me-self medicated, jangan coba-coba main beli obat online dan mengobati sendiri.”

Untuk mencegah terjadinya badai sitokin, ia menganjurkan untuk tetap tenang. Mengurangi panik, kecewa, sakit hati, sedih, dan marah dapat sangat membantu.

“Yang keadaannya memburuk saya duga karena marah-marah, kurang tidur, makanan pun bukan plant base diet, kurang cairan, saya enggak menganjurkan untuk pasien dengan gejala ringan untuk dirawat di rumah sakit. Lebih baik di rumah saja.”

Ia juga menyarankan untuk tidur cukup, tidak mengikuti berita sampai berlarut-larut. “Banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan,” katanya.

Simak penuturan lengkapnya dalam Livestreaming dr Dasaad Mulijono MBBS (Hons), FIHA, FIMSANZ, FRACGP, FRACP, PhD: Terkena Covid-19, Namun Tetap Sehat pada Senin, 6 April 2020 pukul 14.00-14.45 di laman Facebook Liputan6.com

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan dokter jantung yang satu ini, di sini.