Sukses

Tergenang Air, Alat Medis di Departemen Radiologi RSCM Masih dalam Pengecekan

Liputan6.com, Jakarta Informasi yang beredar di media sosial menyebut, sejumlah alat di Departemen Radiologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta rusak. Kondisi tersebut diduga lantaran RSCM kebanjiran. Tak sedikit warganet yang menyayangkan kondisi tersebut.

Alat-alat di Departemen Radiologi yang dikabarkan terkena banjir antara lain stationary X-ray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary X-ray floor, Mobile X-ay, 2 unit CT scan, serta 1 unit ultrasound ‘accuson’ terendam.

Seluruh pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS) di ruang baca juga diduga terendam. Kemudian satu unit MRI Siemens terendam. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat RSCM Ananto menanggapi soal alat-alat medis di atas.

"Soal kabar alat-alat medis yang beredar rusak itu saya pikir masih terlalu dini (dikatakan rusak). Karena saat ini kami masih mengecek, apakah alat-alat yang terkena air tadi rusak atau tidak," ungkap Ananto saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Minggu (23/2/2020).

2 dari 3 halaman

Bukan Banjir tapi Genangan Air

Ananto juga menegaskan, kabar RSCM banjir tidak tepat. Yang terjadi adalah terdapat genangan air di selasar.

"Yang namanya banjir itu identiknya selutut. Tapi yang dialami di sini (RSCM) bukan banjir, melainkan hanya genangan air semata kaki," tegasnya.

"Nah, genangan airnya berada di depan selasar (bukan seluruh RSCM tergenang air). Memang di sekitar selasar ada ruang Departemen Radiologi, genangan airnya masuk ke sana juga."

Sejak pukul 08.00 WIB, genangan air telah surut. Petugas kebersihan langsung membersihkan genangan air dan ruangan yang terdampak.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading