Sukses

Tips Memulai Kebiasaan Hidup Sehat dari Hal Kecil

Ilmuwan yang mempelajari pembentukan kebiasaan mengatakan bahwa banyak orang mencoba untuk menciptakan kebiasaan sehat dengan cara yang salah.

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan yang mempelajari pembentukan kebiasaan mengatakan bahwa banyak orang mencoba untuk menciptakan kebiasaan sehat dengan cara yang salah. 

Berikut adalah dua tips, yang didukung oleh penelitian, untuk membentuk kebiasaan sehat baru. Bisa dilakukan dengan tantangan kebiasaan sehat dan mulai dari yang kecil.

Tantangan Kebiasaan Sehat

Kata para ahli, cara terbaik untuk membentuk kebiasaan baru adalah menyatukannya dengan kebiasaan lama. Cari pola rutinitas harian dan temukan di mana kebiasaan sehat bisa disertakan.

“Bagi banyak orang, rutinitas pagi adalah rutinitas paling diinat. Jadi itu adalah tempat yang baik untuk menumpuk kebiasaan baru,” tulis New York Times.

Melakukan squat atau berdiri dengan satu kaki saat menyikat gigi juga dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan.

Waktu pulang kerja, biasanya orang menjatuhkan diri ke sofa dan menonton tv. Saat tersebut mungkin adalah waktu yang tempat untuk menerapkan pose yoga.

Lakukan tantangan ini selama 28 hari dengan tantangan baru di setiap harinya. Lakukan terus menerus untuk membiasakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mulai dari Hal Kecil

B.J. Fogg, seorang peneliti Universitas Stanford dan penulis buku "Tiny Habbits," mencatat bahwa perubahan perilaku besar membutuhkan tingkat motivasi yang tinggi. Seringkali motivasi tinggi tersebut tidak dapat dipertahankan.

Dia menyarankan untuk memulai dengan kebiasaan kecil yang mudah. Misal, berjalan kaki singkat setiap hari bisa menjadi awal dari kebiasaan berolahraga. Atau, menaruh apel di tas setiap hari dapat menyebabkan kebiasaan makan yang lebih baik.

Dalam kehidupannya sendiri, Dr. Fogg memulai kebiasaan push-up harian. Dia mulai dengan hanya dua push-up sehari. Untuk membuat kebiasaan ini tahan lama, ia mengikatnya dengan rutinitas harian.

Misal, ketika hendak ke kamar mandi, ia mulai dengan dua push up. Dengan itu, sekarang dia memiliki kebiasaan 40 hingga 80 push-up sehari.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.