Sukses

Status Waspada Virus Corona di Singapura Berubah Oranye, Apa Makna dan Pengaruhnya?

Status waspada Dorscon virus corona di Singapura naik menjadi oranye.

Liputan6.com, Jakarta Status waspada Disease Outbreak Response System Condition (Dorscon) virus corona di Singapura naik menjadi oranye pada 7 Februari 2020. Peringatan ini berubah, yang sebelumnya kuning menjadi oranye.

Ministry of Health (MOH) menaikkan tingkat peringatan risiko dari Kuning ke Oranye karena terjadi beberapa kasus virus corona di Singapura, bahkan tanpa berkaitan dengan riwayat perjalanan ke Tiongkok. Dorscon yang menjadi oranye akan memengaruhi lingkungan sekolah, tempat kerja, dan lembaga layanan kesehatan di Singapura.

Dorscon adalah kerangka kode warna yang menunjukkan situasi penyakit saat ini. Melansir Today Online, Minggu (9/2/2020), berikut ini pengaruh Dorscon oranye.

Aktivitas Sekolah

Untuk sekolah ada penangguhan kegiatan antar sekolah dan eksternal. Ini berlaku juga bagi sekolah nasional, perjalanan belajar dan kamp. Penangguhan akan berlangsung hingga akhir liburan sekolah pada Maret 2020, menurut direktur sekolah di Ministry of Education Liew Wei Li.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dari langkah-langkah penangguhan untuk mengurangi pembauran dan paparan siswa terhadap orang banyak. MOH menyampaikan, sekolah akan terus menerapkan langkah-langkah yang disempurnakan, seperti waktu istirahat yang tidak lama dan kegiatan sekolah dalam kelompok yang lebih kecil.

Di sekolah dasar, para guru menemani siswa hingga sebelum waktu istirahat. Demi mencegah virus corona, mereka juga memastikan siswa mencuci tangan sebelum makan. Para siswa juga didorong untuk membersihkan alas atau meja makan mereka setelah makan, tambah Liew.

Di prasekolah, ada perubahan tingkat siaga, sekolah akan membatasi jumlah pengunjung.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lembaga Layanan Kesehatan

Tingkat penilaian risiko yang berubah oranye berarti penerapan penyaringan suhu tubuh dan kontrol yang lebih ketat dari titik masuk di rumah sakit. Rumah sakit juga akan memperkenalkan langkah-langkah merawat pasien dengan pneumonia secara terpisah dari pasien lain untuk mengurangi risiko infeksi.

MOH akan bekerja dengan lembaga layanan kesehatan untuk meningkatkan pengendalian infeksi, sedangkan layanan perawatan orangtua akan membatasi jumlah pengunjung ke tempat mereka.

Ukur Suhu Tubuh Karyawan

Di tempat kerja, MOH menyarankan semua perusahaan agar mengukur suhu tubuh karyawannya dua kali sehari. Perusahaan juga harus mewaspadai karyawan dengan gejala gangguan pernapasan, seperti batuk dan pilek, dan demam.

Bagi karyawan yang merasa tidak sehat harus segera meninggalkan kantor dan pergi ke dokter. MOH menyarankan semua tempat kerja meningkatkan rencana kesinambungan bisnis yang mencakup boleh mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah atau tim secara terpisah.

3 dari 4 halaman

Batal atau Tunda Acara Skala Besar

Pemerintah menyarankan penyelenggara acara untuk membatalkan atau menunda acara berskala besar yang tidak penting. Bagi mereka yang tetap akan menggelar acara, MOH mengatakan bahwa tindakan pencegahan harus diambil.

Selain pemeriksaan suhu dan imbauan perjalanan, langkah-langkahnya termasuk memastikan semua tempat acara berventilasi dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mencuci tangan.

Mengurangi Berjabat Tangan

MOH mengingatkan bahwa tindakan yang diambil di tingkat nasional akan efektif menahan penyebaran virus corona, hanya jika individu memainkan peran mereka.

Ini menyarankan individu untuk meminimalisirkan berjabat tangan selama periode waspada virus corona, tetapi Anda tetap bersikap hormat dan salam jika bertemu orang lain.

Di sisi lain, pekerja yang menjumpai pelanggan yang tidak sehat harus menyarankan pelanggan tersebut untuk pergi menemui dokter.

Yang paling utama, metode yang paling efektif untuk mencegah penularan virus corona melalui kebersihan pribadi yang baik dengan mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air. Gunakan pembersih tangan tatkala sabun dan air tidak tersedia.

Bagi yang tidak sehat harus tinggal di rumah dan memakai masker jika mereka pergi ke dokter.

4 dari 4 halaman

Makna Warna Dorscon

Adapun makna dari warna Dorscon, sebagai berikut:

Hijau: Gejala penyakit ringan atau tidak mudah menular. Warga disarankan lebih menjaga kebersihan dan diam di rumah bila sakit.

Kuning: Gejala penyakit parah atau mudah menular tapi terjadi di luar Singapura. Warga disarankan menjaga kebersihan dan perhatikan imbauan kesehatan dari otoritas setempat.

Oranye: Gejala penyakit parah dan mudah menular tapi tidak menyebar luas di Singapura. Ada gangguan pada perjalanan internasional, seperti karantina, pengecekan temperatur, dan pembatasan pengunjung rumah sakit.

Merah: Gejala penyakit parah dan menyebar luas (hampir ke seluruh wilayah). Hal ini bisa berujung terjadi penutupan sekolah, kantor, dan angka kematian tinggi. Warga diimbau menjaga jarak sosial dan menjauhi area yang ramai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.