Sukses

Tips Memasak Makanan Spesial Imlek dengan Cara Sehat

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru China atau yang biasa disebut dengan Hari Raya Imlek merupakan suatu perayaan penting dari semua festival tradisional Tiongkok bagi  komunitas Tionghoa di seluruh penjuru dunia.

Imlek dirayakan dengan berbagai cara menarik, seperti menyalakan kembang api, memakai pakaian yang spesial, menggantungkan lentera merah, hingga memakan hidangan khas Imlek.

Hidangan khas saat perayaan Imlek tentu sangat beragam dan dapat menggugah selera, seperti ikan, spring roll, dumpling, jeruk mandarin, kue keranjang, Tangyuan, pangsit, dan lain sebagainya. Namun, tetap perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas makanan yang sehat selama perayaan Imlek agar tidak timbul penyakit.

Dilansir dari British Nutrition Foundation pada Jumat (24/1/2020), berikut beberapa tips terbaik yang dapat dicoba apabila ingin memasak makanan spesial Imlek yang sehat.

2 dari 4 halaman

1. Cobalah memasak dengan teknik menumis

Saat memasak menggunakan teknik menumis, kamu hanya perlu memerlukan sedikit minyak goreng. Untuk menumis yang sehat, coba tambahkan daging tanpa lemak atau ikan dan sayuran.

2. Tidak harus sayuran semuanya

Tidak harus semua masakan berbahan dasar dari sayuran. Coba gunakan tahu yang terbuat dari kacang kedelai.

Tidak hanya berprotein tinggi, tahu juga mampu menyerap rempah-rempah yang menjadikan makanan menjadi lezat.

3 dari 4 halaman

3. Buat sup kaldu

Membuat sup kaldu sendiri dengan sederhana, sehat, dan lezat. Kamu hanya membutuhkan sedikit garam, sayuran, sumber protein tanpa lemak (misalnya dada ayam tanpa kulit, udang, ikan), dan rempah-rempah.

Penulis buku tentang makanan dan nutrisi di Pennsylvania, Barbara Rolls juga mengatakan kepada Time, "Makan sup kaldu dapat mengurangi asupan makanan sekitar 20 persen.".

Sebuah jurnal dari European Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa sup merupakan makanan berjenis lembut, sehingga lebih bertahan lama di dalam perut daripada makanan yang berjenis padat.

4. Buat saus sendiri

Dengan membuat saus sendiri karena ikan, kecap, dan tiram mengandung tinggi garam. Membuat saus sendiri juga akan bisa menentukan kadar garam dan gula sesuai porsi yang tidak terlalu banyak.

Bisa juga untuk mengganti garam dengan penambah rasa tradisional China, seperti jamur kering, udang, kerang, dan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasa saus buatan sendiri.

5. Pilih nasi merah

Pilih nasi merah atau mie gandum daripada nasi putih dan mie biasa. Selain itu, sertakan juga sayuran untuk meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.Kacang polong, pak choi, wortel, dan jagung adalah sumber serat yang baik.

"Makan nasi merah dengan sayuran yang mengandung serat akan menjaga kadar gula darah menjadi seimbang," kata Kantha Shelke, ilmuwan makanan di Chicago.

Penulis : Vina Muthi A.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek 3 Fakta tentang Sarapan
Artikel Selanjutnya
Menkes Terawan: Sehatkan Indonesia Melalui Jamu