Sukses

Cek Menu Wajib Imlek yang Membawa Kesehatan, Kekayaan dan Kebahagiaan

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili yang merupakan hari raya keagamaan Khonghucu akan semakin meriah dengan kehadiran setiap menu masakan yang lezat.

Sejumlah makanan yang disediakan setiap imlek diyakini memiliki makna membawa kekayaan, kesehatan dan kebahagiaan.

Dari sekian banyak daftar makanan, berikut ini beberapa di antaranya yang paling sering kita temui, dilansir dari South China Morning Post:

1. Jeruk keprok, jeruk mandarin dan kumquat (jenis jeruk kecil yang manis dan dapat dimakan beserta kulitnya)

Selama tahun baru China, Anda akan menemukan tumpukan jeruk-jeruk ini yang membentuk menyerupai pohon di lobi apartemen dan rumah.

Buah ini menyerupai emas, sehingga dengan memilikinya di rumah atau apartemen dipercaya akan mendatangkan kekayaan. Dan seperti yang kita ketahui bahwa manfaat jeruk sangat banyak, sebagaimana dilansir dari MedicalNewsToday:

- menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita

- menurunkan tekanan darah,

- melawan radikal bebas penyebab kanker,

- menurunkan risiko penyakit jantung,

- menurunkan kadar gula darah,

- melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polusi,

- mengurangi keriput dan meningkatkan tekstur kulit.

Namun sebaiknya Anda tidak memakan dari tumpukan yang disimpan di ruang tamu, karena akan layu setelah hari libur berakhir (dan kemungkinan sudah disemprot pestisida). Adapun jika Anda ingin makan buah ini, belilah di swalayan.

Buah jeruk lainnya seperti jeruk biasa dan jeruk bali juga banyak ditemukan saat imlek. Selain dianggap membawa kekayaan, buah jeruk juga dianggap membawa keberuntungan dengan pengucapan dan bahkan penulisannya dalam karakter China.

2. Chuen Hup

Kotak makan yang biasanya terbagi 8 ruang (simbol kekayaan) ini diisi dengan manisan di sekelilingnya dan menu lain di tengahnya.

Ada berbagai jenis manisan, namun biasanya semuanya diisi dengan permen dalam bungkus (sugus, permen susu atau coklat koin yang terbungkus foil emas) atau biji melon panggang (dipercaya pembawa anak) yang telah diwarnai merah (warna keberuntungan) dan tumpukan manisan lainnya: biji teratai (anak lebih banyak), akar teratai (kesejahteraan), melon (keberuntungan) dan kenari yang ditaburi biji wijen (kebijaksanaan dan kebahagiaan)

3. Goh

Kue puding ini bisa sangat manis atau kaya rasa. Namun rasa manis tradisional terbuat dari tepung ketan (yang teksturnya lebih kenyal), gula dan bumbu seperti jujube, water chestnut dan kelapa (untuk rasa mewah, coba dengan bird nest/sarang burung).

 

2 dari 3 halaman

4. Sepasang ikan segar

Makan ikan saat imlek dipercaya membawa banyak kekayaan. Orang Tiongkok percaya, ikan sebaiknya dikonsumsi saat malam Imlek, dan siang keesokan harinya.

5. Kerang segar dan kerang kering

Karena bentuknya yang mirip koin, makanan ini dianggap membawa kekayaan. Goh yang manis dan gurih semakin nikmat setelah dipanaskan dengan memotongnya menjadi irisan-irisan kecil dan memanggangnya dengan minyak di atas panggangan.

6. Pangsit

Pangsit adalah tradisi China bagian utara, walaupun telah berimigrasi ke banyak keluarga China Selatan. Tergantung bagaimana bentuk dan cara masaknya (digoreng atau direbus), mereka dapat melambangkan batang emas atau logam perak, dimana keduanya membawa kekayaan ke penghuni rumah.

7. Lumpia

Lumpia menyerupai batang emas.

8. Ayam

Selama Imlek, ayam harus disajikan utuh - dengan kepala hingga kaki masih tersambung - untuk menandai kemakmuran dan kebersamaan.

9. Mi

Mi yang disajikan harus panjang yang menandai umur panjang, sehingga semakin panjang semakin baik.

10. Faat Choi Jai

Menu ini melambangkan berbagai hal. Isinya terdiri dari rebusan sayuran (mungkin vegetarian akan protes karena biasanya kuahnya mengandung tiram) yang dimakan di hari pertama Imlek.

Ditambah, semua isinya mengandung makna: tiram melambangkan keberuntungan dan faat choi melambangkan kesejahteraan, rebung melambangkan kekayaan dan awal yang baru, water chestnut melambangkan kebersamaan, akar teratai, dadih kacang kering melambangkan keberkatan dan kebahagiaan, berbagai jenis jamur, kacang gingko melambangkan kekayaan dan mie keemasan/batang lily melambangkan kekayaan, dan sawi melambangkan kekayaan.

3 dari 3 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hikayat Cap Go Meh, Gus Dur, dan Ritual Tolak Bala di Kampung Jokowi
Artikel Selanjutnya
Perayaan Imlek Nasional 2020, Penanda Agenda Budaya Nasional