Sukses

Ika Agustin Ningrum Pilih Selamatkan Warga Jakarta, meski Rumah Kebanjiran

Kisah Ika Agustin Ningrum yang memilih selamatkan warga Jakarta meski rumahnya kebanjiran.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun rumah kebanjiran, Ika Agustin Ningrum justru berjalan menerjang banjir. Sosok Ika pun berhasil mencuri hati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Wanita berjilbab ini menjadi salah satu petugas Pintu Air Manggarai, yang berada di daerah Manggarai. Ia bertugas mengatur aliran air yang akan memasuki Kanal Banjir Barat.

"Rumahnya kebanjiran, tapi dia (Ika) memilih berangkat menembus banjir di kawasan rumahnya. Dia berangkat ke Pintu Air Manggarai dan menjadi pengatur pintu-pintu air utama di Jakarta," cerita Anies tentang Ika diunggah di laman Facebook pribadinya pada Rabu (1/1/2020).

"Dia pilih menyelamatkan warga Jakarta daripada mengurusi rumahnya, yang jelas-jelas sedang tenggelam. Dia menguasai semua data, pola pergerakan air, dan situasi lapangan. Dia masih berjaga hingga kini."

Anies pun menulis, 'Namanya Ika Agustin Ningrum. Dia adalah contoh, satu dari ribuan petugas di DKI yang berkomitmen tinggi.' Dalam unggahannya, Anies tidak menyebut di mana lokasi tempat tinggal Ika yang kebanjiran.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Setinggi-tingginya

Video yang diunggah Anies menampilkan, Ika yang sedang berjalan kaki mengenakan baju dan jilbab merah. Sambil menenteng dua tas di lengan kiri, ia memegang payung warna biru.

Tampak pada video, banjir yang dilalui seukuran pinggang Ika. Dengan berjalan pelan-pelan, Ika menuju Pintu Air Manggarai.

Atas perjuangan Ika dan petugas lain yang serupa dengannya, Anies memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

"Mereka memilih terjun di lapangan dan menjaga. Mereka tidak terlihat, dan mereka pun sering dicemooh, dijuluki dengan sebutan-sebutan tak mengenakan, tapi mereka terus konsisten bekerja," tambah Anies.

"Pada mereka, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Apalagi hampir seluruh petugas lapangan DKI praktis bertugas nonsetop, lebih dari 24 jam karena banyak dari mereka bekerja sejak persiapan acara malam tahun baru kemarin (31/12/2019)."

3 dari 3 halaman

Ucapan Terima Kasih

Sebagai penutup unggahannya, Anies juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga petugas lapangan yang tetap bertugas, terlebih lagi saat banjir melanda Ibu kota Jakarta.

"Izinkan saya sampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga yang telah mengikhlaskan suaminya, istrinya, ayahnya, atau ibunya berada jauh dari keluarga, untuk berada di lapangan di saat kebanyakan masyarakat sedang liburan, apresiasi yang tinggi untuk semuanya.

Semoga Allah SWT membalas budi baik dan kerja keras dengan pahala yang melimpah," ucap Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.