Sukses

Akupunktur Bisa Bantu Kurangi Mual Saat Hamil

Mual dan muntah saat hamil terutama di trimester pertama memang tak menyenangkan. Namun, dengan akupunktur bisa mengurangi keluhan ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi ibu hamil yang tengah mengalami mual dan muntah, rasanya memang kurang menyenangkan. Namun, lewat akupunktur bisa membantu mengurangi keluhan tersebut.

Melakukan perawatan akupuntur saat hamil bisa menekan rasa mual, menyeimbangkan hormon serta menenangkan ibu hamil.

"Sistem saraf pusatnya akan diatur dan menjaga keseimbangan hormonal," ungkap dokter spesialis akupunktur, Hety dari Klinik Sakti Medika, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Terapi tersebut perlu dilakukan berkala, dokter atau terapis akan memberikan pelatihan akupresur agar ibu hamil bisa melakukannya di rumah.

"Mual muntah itu sering banget terjadi, jadi bisa diajarkan akupresur supaya bisa terapi di rumah. Nggak harus setiap mual muntah ke dokter," pungkasnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlancar ASI

Selain itu, akupunktur juga bisa membantu beberapa problem wanita lainnya seperti membantu saat seseorang menjalani program hamil bahkan memperlancar produksi ASI.

Terkait memperlancar ASI, akupunktur akan mempengaruhi hormon prolaktin dan oksitosin dengan melakukan penekanan di beberapa titik.

"Air susu ibu dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Jadi, akupuntur akan mempengaruhi hormon tersebut dengan melakukan penekanan di beberapa titik seperti tulang dada, ada yang di kaki, tangan maupun di dekat kuku jari," katanya.

Penulis: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.