Sukses

Menkes Terawan Minta Puskesmas Aktif Cegah Stunting

Stunting masih menjadi PR besar bagi Indonesia. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berharap puskesmas yang berada dekat dengan masyarakat mampu aktif mencegah terjadinya stunting.

Liputan6.com, Gresik Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto puskemas terus menggalakkan upaya promotif dan preventif di bidang kesehatan. Salah satunya upaya menekan stunting serta penyakit-penyakit lainnya. 

“Pokoknya galakkan ini. Saya lebih bangga kalau puskesmas bisa mencegah stunting dan penyakit lainnya. Tugas pokok kalian adalah melakukan tindakan promotif preventif,” kata Terawan saat mengunjungi puskesmas di wilayah Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Jumat (13/12/2019). 

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim saat menerima kunjungan Terawan mengatakan upaya peningkatan taraf kesehatan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Termasuk dukungan sarana prasarana alat medis yang memadai. Sebab, pemerintah daerah ingin agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"Meningkatkan taraf kesehatan merupakan prioritas kami di pemerintah Kabupaten Gresik. Tentu kami ingin masyarakat terlayani dengan baik. Dan, kami siap melaksanakan apa yang menjadi arahan Bapak Menteri Kesehatan," kata Qosim didampingi Kepala Dinas Kesehatan Gresik Saifudin Ghozali.

Qosim juga mengatakan bahwa saat ini salah satu peran pemerintah daerah melalui dinas kesehatan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan stunting.

"Kami berikan edukasi terhadap pencegahan stunting. Karena tidak banyak masyarakat yang mengetahui penyebab terjadinya stunting dan bagaimana pencegahannya," kata Qosim di kesempatan yang sama.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Angka Kematian Ibu

 

Dia juga mengungkapkan bahwa jajarannya sudah melakukan ragam upaya untuk menekan kasus kematian ibu dan anak saat melahirkan sudah dilakukan. Caranya dengan menjaga kesehatan ibu sejak awal kehamilan didukung dengan tenaga medis yang berpengalaman. 

"Masyarakat kami berikan edukasi, terutama para kaum ibu dalam menjaga kehamilan. Mulai dari awal kehamilan hingga proses kelahiran. Semua harus ditangani dengan baik, terutama dokter dan bidan yang ada di puskesmas maupun RSUD Ibnu Sina merupakan tenaga medis yang berpengalaman dibidangnya," tambahnya.  

Di kesempatan yang sama, Terawan meminta fasilitas kesehatan seperti puskesmas menggunakan produk-produk karya anak bangsa. 

“Saya ingin semua produk Indonesia biar after sales-nya lebih mudah. Kita ingin menghidupkan perekonomian Indonesia, kita harus bangga,” tuturnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.