Sukses

Jangan Cemas, Ini Saran Pakar Saat Mencari Pasangan Hidup

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan pasangan hidup itu susah-susah gampang. Ada orang yang dengan mudah mendapatkan tapi tidak sedikit yang menanti bertahun-tahun untuk bertemu si Dia.

Menemukan orang yang cocok untuk mendampingi hingga akhir usia memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, bukan tidak mungkin Anda bisa bertemu dengannya dalam waktu dekat.

Berikut pendapat dari para ahli hubungan tentang cara mencari pasangan hidup dan apa yang harus dilakukan seperti dikutip Elite Daily, Sabtu (30/11/2019).

Jangan Terlalu Dipusingkan

Memang jika sosok yang cocok tak kunjung datang padahal usia sudah matang memang membuat cemas. Namun, ada kok orang yang cocok dengan Anda jadi tidak usah terlalu dipusingkan seperti disampaikan pakar hubungan dan penulis buku Cinderella Was A Liar, Brenda Della Casa.

"Berpikir tentang pasangan hidup memang romantis secara teori, tapi nyatanya justru malah membatasi dan bisa menghancurkan diri sendiri. Faktanya, ada 7,5 miliar orang di dunia. Jadi berpikir bahwa hanya ada satu orang yang bisa membahagiakan Anda itu salah dan menyedihkan,” kata Casa.

Ketika sudah ada yang agak cocok, lalu Anda memaksakan diri, itu juga tidak baik. Anda malah kemungkinan berakhir dengan orang yang salah karena melewatkan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan pribadi yang lebih baik.

Berhentilah mengkhawatirkan pasangan hidup dan biarlah semuanya berjalan secara alami, saran pakar hubungan Sonya Schwartz.

2 dari 3 halaman

Kriteria Pasangan akan Berubah Seiring Perkembangan Diri

Saat masih SMA Anda mungkin mendambakan sosok pasangan dengan kriteria ini dan itu. Lalu, sekarang saat sudah dewasa, kriteria itu berubah.

Pembina hubungan dan host podcast The Breakup BOOST, Trina Leckie, mengatakan bahwa pemikiran tentang ciri-ciri orang yang tepat akan berubah seiring perkembangan pribadi. Kebutuhan dan keinginan terhadap pasangan akan berubah dan berkembang.

Menurut pakar kencan dan penulis The Dating Mirror: Trust Again, Love Again, Diana Dorell, yang terpenting adalah mencari orang yang pas untuk Anda saat ini dan berkembang bersama.

Ingat, Anda adalah Sosok yang Juga Dinantikan Orang Lain

Jika Anda ingin mencari belahan hati, Casa menyarankan untuk mulai berfokus pada diri sendiri.

“Cara terbaik untuk mencari pasangan hidup adalah dengan mengenal diri sendiri, nilai pribadi dan apa yang dicari. Semakin memahaminya, semakin mudah pula untuk membedakan orang yang cocok ataupun tidak dengan Anda,” kata Casa.

Dorell juga mengatakan hal yang serupa, bahwa dengan mencintai diri sendiri, orang yang tepat bisa tertarik dan masuk ke dalam hidup Anda. Tidak perlu mengejar atau menghukum diri sendiri hanya karena Anda belum menemukan orang yang tepat. 

Kunci menemukan pasangan hidup adalah untuk tidak mencarinya sesuai spekulasi. Namun mencari orang yang cocok dan memperlakukan Anda dengan baik.

“Jika Anda menemukan orang yang mencintai, menghormati, menghargai dan mendukung, serta menarik dan berkembang bersama, bersyukurlah. Lalu tunjukkan perilaku yang sepadan dengan itu. Dengan kata lain, orang yang tidak lagi bersama Anda bukanlah belahan jiwa. Namun dia yang tetap di sisi Anda dan membahagiakan adalah orang yang tetap,” kata Casa.

 

 

 

Penulis : Selma Vandika

3 dari 3 halaman

Simak juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bisakah Membuat Open Relationship Menjadi Hubungan yang Sehat?
Artikel Selanjutnya
Top 3: Kisah Resesi Seks di Jepang hingga Tips Hubungan Romantis Jadi Sorotan