Sukses

Jangan Langsung Unggah Instagram Story Setelah Putus Cinta

Liputan6.com, Jakarta - Berada dalam hubungan baru memang menyenangkan. Memperkenalkan pasangan di media sosial seperti Instagram, melalui fitur Instagram Story adalah hal yang umum. Mengunggah foto maupun video merupakan bentuk upaya mengesahkan hubungan kepada teman dan pengikut.

Namun, saat hubungan itu berakhir, tidak ada panduan atas apa yang harus dilakukan. Beberapa orang menghapus jejak masing-masing di akun media sosial mereka. Sejumlah orang membiarkan foto lama mereka dan tidak mengumumkan apapun.

Seringkali, orang akan mengungkapkan kandasnya hubungan mereka di Instagram secara lengkap. Mereka memberitahukan alasan putus cinta secara rinci. Hal itu dimulai oleh kalangan selebriti dan kini dilakukan juga oleh khalayak umum.

Akibat maraknya tindakan tersebut, kebutuhan untuk bercerita pada orang lain tentang rasa sakit hati itu memudar. Sisi buruknya adalah bahwa opini dari berbagai orang, baik diminta ataupun tidak, bermunculan.

"Secara umum, Anda tidak perlu membuat pengumuman publik tentang kejadian putus cinta itu. Sebaik apapun tulisan itu, unggahan Anda akan mengundang berbagai pendapat,” kata pembina hubungan dan ahli strategi hubungan, Natalia Juarez.

 

2 dari 3 halaman

Yang Harus Dilakukan Saat Putus Cinta

Menurut Natalia, unggahan tersebut memang bisa membantu menghilangkan kecanggungan. Namun, itu bukan metode yang baik untuk bisa move on.

Dia justru menyarankan untuk tidak membuka media sosial sama sekali setelah putus. Jangan memikirkan foto-foto lama atau berusaha mencari tahu apa yang mantan Anda sedang lakukan.

“Setelah Anda sudah merasa lebih baik, ada baiknya untuk menghapus foto-foto intim dan gambar yang menyakitkan secara emosional. Jika memang ingin mengunggah, unggahlah sesuatu yang ringan, menyenangkan. Jangan mengunggah sesuatu yang samar-samar, bermakna ganda atau kutipan inspirasional yang berlebihan,” kata Juarez.

Jika Anda ingin teman-teman terdekat untuk tahu tentang kabar menyakitkan itu secepatnya, bagikanlah dengan fitur Close Friends. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk membatasi siapa saja yang bisa melihatnya. Cara lainnya adalah dengan menelepon atau mengirim pesan pribadi kepada mereka.

“Beritahukan orang-orang terdekat atau yang memang perlu tahu. Mereka bisa membantu Anda dalam menyebarkan berita itu. Orang lain bisa memahami pesan itu. Bagi yang tidak tahu, jika mereka bertanya, katakan dengan singkat bahwa Anda dan mantan kekasih sudah tidak dalam hubungan karena alasan pribadi, lalu ganti topik pembicaraan,” kata Juarez.

 

3 dari 3 halaman

Tak Semua Orang Suka dengan Unggahan Putus Cinta Anda

Anda tidak perlu memberitahu siapapun tentang rinciannya bila dirasa kurang nyaman. Ingatlah bahwa ini adalah masa patah hati dan proses penyembuhan pribadi, serta bahwa satu-satunya yang memahami Anda adalah diri sendiri.

Apapun itu, pastikan unggahan tersebut sudah dipikirkan dengan matang sebelum diunggah. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mengunggah sesuatu secara impulsif, hanya untuk disesali di kemudian hari.

Menghapus unggahan Instagram memang mudah. Namun, itu bukan berarti orang-orang yang melihatnya akan melupakannya begitu saja.

Penentu untuk mengumumkan putus atau tidak di Instagram adalah alasannya. Pikirkan kembali apakah keputusan itu akan memberikan manfaat yang membahagiakan di masa depan dan pilihlah yang dirasa benar.

Tidak setiap pemutusan hubungan itu menyenangkan. Jika Anda mencari solusi instan, yakni dengan menghina mantan kekasih, ada kemungkinan besar bahwa unggahan tersebut akan disesali.

Namun jika Anda sudah memikirkannya matang-matang dan siap untuk membagikan kabar itu, maka ceritakanlah. Bagaimanapun juga, satu foto bisa menceritakan seribu kata.

Penulis : Selma Vandika

Loading