Sukses

6 Langkah Memotong Kuku Bayi Tanpa Rasa Takut

Liputan6.com, Jakarta - Memotong kuku anak kerap kali jadi tantangan tersendiri bagi orangtua, terutama bila usia anak masih sangat kecil. Kekhawatiran akan melukai jemari anak selalu membayangi aktivitas itu sehingga terkadang membuat orangtua enggan melakukannya. Padahal kuku bisa jadi sarang bakteri bila tak rutin dibersihkan.

Tenang, selalu ada cara yang bisa Anda terapkan. Berikut tips memotong kuku bayi ala Mommy Risya Nur Amalia dari Babyologist.

Siapa di antara Moms yang selalu deg-degan saat harus memotong kuku si Kecil? Takut akan melukai jari-jari mungilnya membuat kita menjadi semakin grogi saat melakukan kegiatan ini.Padahal kuku jari tangan dan jari kaki adalah tempat berkumpulnya bakteri tanpa Moms sadari.

Agar si Kecil tidak gampang sakit maka Moms haruslah memperhatikan kebersihannya.Salah satunya adalah dengan rutin menjadwal untuk memotong kuku jari si Kecil. Kuku jari yang dipotong secara berkala dapat menghindari masuknya bakteri yang akan mengganggu kesehatannya.

Ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Moms untuk memotong kuku si Kecil tanpa rasa takut

1. Pastikan Moms menggunakan gunting kuku khusus bayi yang berukuran kecil, hal ini akan meminimalisir risiko kulit jari bayi terluka.

2. Moms juga dapat memilih ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik saat memotong kuku-kuku jari si Kecil, sehingga kuku jarinya dapat terlihat dengan jelas.

3. Potonglah kuku-kuku jari si Kecil sesaat setelah mandi, hal ini akan membuat kuku jari menjadi lebih lunak dan mudah untuk Moms potong.

4. Lakukan saat suasana tenang. Saat suasana tenang otomatis Moms juga akan melakukan kegiatan ini dengan tenang tanpa harus terburu-buru sehingga menghindari resiko cedera. Moms dapat melakukannya misal saat si Kecil sedang menyusu atau saat si Kecil mulai tertidur.

5. Janganlah lupa untuk membasuh kuku jari tangan dan jari kaki si kecil setelah selesai Moms potong. Hal ini bermaksud agar kuku-kuku jari si Kecil menjadi halus dan lembut kembali.

6. Moms juga dapat membuat jadwal yang teratur untuk memotong kuku si Kecil minimal seminggu sekali, karena kuku si Kecil sangat cepat sekali tumbuh.

Moms, tahukah rutin memotong kuku jari-jari si Kecil pun ternyata memiliki manfaatnya tersendiri.

 

2 dari 2 halaman

Manfaat rutin menggunting kuku

1. Si Kecil terhindar dari bakteri yang akan membentuk infeksi dalam tubuhnya. Apalagi saat di mana bayi mulai gemar memasukkan jari-jari mungilnya ke mulut maka Moms juga harus memperhatikan kebersihan tangan dan jarinya. Karena metabolisme tubuh pada bayi tidak sekuat orang dewasa, yang mengakibatkan si Kecil menjadi rentan terkena penyakit atau diare yang diakibatkan oleh infeksi dari bakteri.

2. Tubuh si Kecil pun menjadi aman dan terhindar dari goresan kuku panjang yang akan melukainya.

3. Kuku jari si kecil pun menjadi terlihat lebih rapih dan bersih.

Selalu utamakan menjaga kebersihan tubuh si Kecil mulai dari hal yang terkecil seperti memotong kuku sesuai jadwal akan membuat Moms dan si Kecil belajar akan kedisiplinan dan kebersihan pada tubuh.

Loading