Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Diet Golongan Darah

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan seperti mengatur pola hidup, berolahraga, dan juga diet. Salah satunya diet golongan darah.

Diet golongan darah merekomendasikan seseorang untuk membuat pilihan nutrisi berdasarkan golongan darah yakni A, B, O, atau AB. Misalnya orang dengan golongan darah O direkomendasikan untuk mengonsumi makanan yang mengandung protein hewani.

"Karena orang dengan golongan darah O memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencerna makanan yang mengandung protein dan lemak," ucap seorang peneliti pengobatan alternatif sekaligus pakar naturopati, Peter D'Adamo seperti dikutip dari Prevention, Selasa, (8/10/2019).

Meskipun menuai banyak kritik karena dianggap penurunan berat badan tidak bergantung pada jenis golongan darahnya, berikut beberapa manfaat yang diberikan.

Kelebihan diet golongan darah

Terdapat beberapa elemen dari diet golongan darah yang didukung oleh ilmu pengetahuan. Misalnya, golongan darah A direkomendasikan untuk melakukan diet vegetarian.

Menurut American Dietetic Association, diet vegetarian dapat membantu mencegah penyakit tertentu, kaya akan nutrisi, rendah kalori, dan dapat menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan segar, murni, dan organik seperti yang diterapkan pada diet vegetarian memang memberikan manfaat pada siapa pun. Menghilangkan makanan olahan memang juga dianjurkan untuk semua jenis golongan darah.

"Meskipun diet golongan darah masih kurang memberikan bukti, banyak orang yang merasa lebih baik ketika tidak mengonsumsi junk food, makanan olahan, dan gula," ucap dokter bedah untuk obesitas, Nancy Rahnama.

 

2 dari 3 halaman

Kekurangan diet golongan darah

Perlu diketahui, diet golongan darah juga dapat membentuk beberapa kebiasaan makan yang tidak sehat.

"Berbicara soal nutrisi, diet apa pun yang seketat diet golongan darah, yang mendukung penghilangan beberapa kelompok makanan berpotensi untuk berpengaruh pada beberapa aspek dalam tubuh," ucap Peter D'Adamo, seorang peneliti pengobatan alternatif sekaligus dokter naturopati.

Rahnama juga setuju bahwa rekomendasi makanan yang tercantum untuk diet pada setiap golongan darah tidak boleh melewati batasan kesehatan masing-masing individu.

"Misalnya, diet tersebut mengatakan tidak apa-apa untuk mengonsumsi gluten. Tetapi, banyak orang yang mungkin alergi terhadap gluten terlepas dari golongan darah," jelas Rahnama.

Sebagai gantinya, Rahnama merekomendasikan diet yang berfokus pada makanan padat nutrisi, seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

"Itu adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan," ucap Rahnama.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dianggap Olok-Olok Berat Badan, Gadis 4 SD Tolak Kerjakan Soal Matematika
Artikel Selanjutnya
Diet Golongan Darah, Efektifkah untuk Menurunkan Berat Badan?