Sukses

Anak Masih Ngompol, Bagaimana Mengatasinya?

Jika Anak sudah berusia di atas lima tahun masih mengompol itu menjadi masalah.

Liputan6.com, Jakarta Anak di bawah lima tahun masih ngompol masih lazim. Jika anak sudah besar di atas lima tahun masih mengompol kerap membuat orangtua was-was.

Dikutip dari laman KlikDokter ada beberapa penyebab yang membuat anak diatasi usia lima tahun masih mengompol saat tidur di malam hari. Salah satunya ada masalah di saluran kemih. Beberapa orang memiliki kandung kemih yang kecil, sehingga tidak mampu menahan jumlah urine dalam jumlah banyak. 

Guna mengatasi kebiasaan mengompol, orangtua bisa mengangkat anak dari kasur lalu memintanya untuk buang air kecil di tengah-tengah ia tidur. Cara ini dapat mengurangi kemungkinan anak mengompol tapi belum ada kesadaran dari anak itu sendiri.

"Dengan mengangkat anak saat tidur, orangtua memutuskan kapan anak harus pergi ke toilet, tapi anak tidak menyadari bahwa kandung kemih mereka penuh," jelas konsultan dokter anak sekaligus pendiri The Children's e- Hospital Tim Ubhi seperti dilansir Netdoctor, Sabtu (5/10/2019). 

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Ubhi menyarankan bagi orangtua untuk mendorong anak untuk banyak minum di siang hari agar asupan cairannya terpenuhi. Saat malam tidak perlu terlalu banyak.

Jelang waktu anak untuk tidur ajak dia pergi ke toilet agar kandung kemih mereka kosong sepenuhnya. Cara tersebut setidaknya bisa membantu anak tidak lagi mengompol. 

Jika cara tersebut sudah konsisten dicoba tapi anak masih mengompol, alangkah baiknya untuk mengonsultasikan masalah ini dengan dokter. 

 

Penulis : Eflien Anggelien

Simak juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.