Sukses

Beda Frekuensi BAB pada Bayi dan Anak

Tak perlu panik bila frekuensi anak BAB tidak sesesering saat bayi.

Liputan6.com, Jakarta Ibu dan ayah tidak perlu khawatir bila frekuensi buang air besar (BAB) anak jauh berbeda dibandingkan pada sat bayi. 

"Umumnya, pada bayi yang baru lahir BAB itu bisa 5-6 kali per hari, teksturnya encer seperti bubur. Ketika bertambahnya usia, BAB mungkin akan mulai jarang," ucap dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi Ade Djanwardi Pasaribu.

Pada anak usia 1-3 tahun, umumnya frekuensi BAB akan menjadi empat kali dalam satu minggu. Sedangkan anak di atas 3 tahun, BAB minimal tiga kali per minggu.

"Kalau kurang dari itu, bisa disembut sebagai sembelit. Jika sudah berlangsung lama, maka harus segera ditangani," ucap Ade dalam live Instagram Ikatan Dokter Anak Indonesia terkait Sembelit pada Anak (IDAI).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sembelit pada Anak

Kesulitan BAB atau sembelit pada anak akan sangat mengganggu. Perut bisa terasa sakit dan anak mengalami kesulitan untuk mengeluarkan feses yang sudah menumpuk dan keras.

"Tanda-tanda yang harus diwaspadai seperti BAB berdarah, demam, kesakitan yang berlebih, sampai berat badan badan menurun, maka itu harus segera ditangani," jelas Ade.

Apabila tidak ada tanda-tanda bahwa sang anak mengalami ketidaknyamanan, maka mereka hanya perlu diingatkan dan dilatih untuk BAB setiap harinya.

"Kita juga harus memperhatikan kapan waktu sembelit yang dialami sang anak. Jika bayi tidak melakukan BAB sama sekali dalam 24 jam, maka kita harus waspada," ucap Ade.

 

3 dari 3 halaman

Pola Makan yang Tepat

Penting juga untuk mengingat bahwa tiap anak memiliki pola BAB yang berbeda. BAB tergantung pada apa yang dikonsumsinya. Maka itu penting untuk mengamati bagaimana pola rutin BAB anak setiap harinya.

"BAB adalah proses terakhir dari proses pencernaan. Jadi kalau pola makannya tidak benar, tidak banyak asupan masuk, tidak banyak juga yang dikeluarkan," jelas  Ade.

"Dan bukan berarti juga masuk kategori sembelit, harus ada cek lebih lanjut ke dokter tumbuh kembang jika berhubungan dengan pola makan," tambahnya.

 

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini